Kompas TV nasional berita utama

Relawan Joman Respons Pemeriksaan Ubedilah Badrun oleh KPK: Kalau Bohong Ada Pasal Menanti

Kamis, 27 Januari 2022 | 14:31 WIB
relawan-joman-respons-pemeriksaan-ubedilah-badrun-oleh-kpk-kalau-bohong-ada-pasal-menanti
Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ) Ubedilah Badrun melaporkan dugaan tindak pidana terkait bisnis dua anak Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep ke KPK, Senin (10/1/2022). (Sumber: Tribunnews/Rizki Sandi Saputra)

Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Relawan Jokowi Mania (Joman) meminta Dosen UNJ Ubedilah Badrun bersiap diri menghadapi jeratan sejumlah pasal jika laporannya ke KPK terkait dua putra Presiden Joko Widodo, Gibran Rakabuming Raka dan Kaesang Pangarep bohong dan tidak terbukti.

Demikian Wakil Ketua Relawan Jokowi Mania Bambang Sri Pujo dalam keterangannya, Kamis (27/1/2022).

“Kalau ini bohong ada pasal menanti 317, 242, 263. Harapan kami jangan mudah melaporkan orang lain, laporin silahkan kalau tertutup, tapi kalau buat keonaran ada dampak hukumnya,” ujar Bambang.

Lebih lanjut Bambang menambahkan dalam hal pelaporan wajib memiliki data valid dan konkret apalagi disampaikan secara terbuka atau terang benderang.

“Azas praduga tak bersalah itu wajib, tapi dalam melaporkan orang wajib hukumnya mendapati data yang konkret dan valid, sehingga tidak terjadi dampak hukum terhadap pelapor,” ujarnya.

Baca Juga: KPK Dalami Keterangan Ubedilah Badrun soal Dugaan KKN Dua Putra Jokowi, Gibran dan Kaesang

“Kami joman dan aktivis 98, anti KKN, kami mendukung anti-korupsi,” tambahnya.

Bambang pun merespons baik pemanggilan Ubedilah Badrun oleh KPK terkait aduannya yang menyangkut dua putra Presiden Jokowi.

“Panggilan KPK ke Ubed sangat mengapresiasi setinggi-tingginya, mengucapkan puji syukur, karena KPK di bawah Firli sangat merespons pelapor dalam hal ini masyarakat,” ucapnya.

“Sehingga kita tinggal menunggu hasilnya apakah laporannya benar atau tidak, kalau laporannya benar sudah pasti KPK ambil langkah selanjutnya, tapi kalau laporannya tidak benar, pasti (Joman) akan mengambil langkah selanjutnya,” tambahnya.

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:53
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19