Kompas TV regional berita daerah

Sambut Imlek, Kelenteng See Hoo Kiong Bersolek

Kompas.tv - 27 Januari 2022, 13:16 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Menjelang Tahun Baru Imlek pengurus Kelenteng See Hoo Kiong Kota Semarang, mulai membersihkan dan mempercantik kelenteng. Kegiatan bersih-bersih kelenteng ini termasuk membersihkan patung dewa-dewi. Mula-mula patung diturunkan dari altar, kemudian dibersihkan dari debu dengan kuas, kemudian dimandikan dengan air kembang.

Pakaian patung juga diganti dengan pakaian yang baru. Patung dewa-dewi ini boleh dibersihkan, karena para dewa dewi sedang berada di langit. Altar tempat patung dewa dewi juga turut dibersihkan serta sisa-sisa hio.

Kegiatan bersih-bersih kelenteng ini tidak hanya membersihkan debu yang menempel selama satu tahun, namun juga untuk menyambut kedatangan para dewa-dewi ketika nanti kembali ke bumi.

Setelah patung dewa-dewi sudah bersih, maka patung akan diletakkan kembali ke dalam altar seperti posisi semula. Namun proses meletakkan patung dewa-dewi ini tidak bisa sembarangan, dan pengurus kelenteng harus berkomunikasi dengan dewa-dewi terlebih dahulu, berbekal dua buah kayu berbentuk yin dan yang, dan dilemparkan secara bersamaan.

Kegiatan bersih-bersih kelenteng ini dilakukan dengan membatasi jumlah umat yang datang, agar tidak terjadi kerumunan yang berpotensi menimbulkan klaster baru penyebaran Covid-19.

#imlek #kelentengseehookiong #semarang

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x