Kompas TV entertainment lifestyle

Pentingnya Melatih Kemampuan Berkomunikasi Anak

Kompas.tv - 27 Januari 2022, 11:27 WIB
pentingnya-melatih-kemampuan-berkomunikasi-anak
Melatih kemampuan belajar anak (Sumber: Lingoace)
Penulis : Ade Indra Kusuma

JAKARTA, KOMPAS.TV - Keterampilan komunikasi untuk anak-anak sangat penting di dunia digital seperti saat ini. Saat ini, anak-anak dapat berkomunikasi melalui sarana online dan offline yang membuat mereka selalu dikelilingi dengan pola komunikasi yang berbeda. Walhasil, mengajar anak-anak tentang komunikasi tidak lagi mungkin dilakukan tanpa peran orangtua.

Manfaat Kemampuan Komunikasi yang Baik

Dengan keterampilan komunikasi yang baik, anak-anak dapat memperoleh banyak manfaat, seperti: Kemampuan komunikasi yang baik dapat membantu anak berprestasi lebih baik di bidang akademik. Partisipasi aktif dalam diskusi dan berbicara di kelas membuat anak menjadi lebih percaya diri dan berani. Hal ini memberikan pemahaman yang jelas tentang apa yang guru ajarkan di kelas.

Anak dapat memiliki status sosial yang lebih baik di dunia. Mereka tidak merasa gugup saat berbicara di depan umum.

Baca Juga: 4 Cara Mengajarkan Anak Mencuci Tangan saat Pembelajaran Tatap Muka Dimulai

Anak yang memiliki kemampuan komunikasi yang buruk dapat menghadapi masalah kepercayaan diri yang rendah karena mereka tidak dapat mengungkapkan pikiran dan ide mereka.

Aturan Penting dalam Berkomunikasi dengan Anak

Anak-anak harus diajari berbagai aturan saat berbicara untuk dapat meningkatkan kemampuan komunikasi mereka seperti mengutip siaran pers LingoAce, Kamis, 27/1/2022 :

1. Pertahankan kontak mata

Penting untuk melakukan kontak mata dengan orang yang Anda ajak bicara. Kontak mata juga menunjukkan bahwa Anda adalah orang yang percaya diri.

2. Tidak Harus Berbicara dengan Cepat

Anak-anak juga harus diajari bahwa mereka sedang didengarkan. Jadi, tidak perlu untuk berbicara cepat dan tergesa-gesa.

3. Tidak Mencoba Mendapatkan Perhatian dengan Berbicara

Anak perlu diajarkan untuk tidak menggunakan kemampuan berbicara untuk mendapatkan perhatian yang tidak semestinya. Hal ini sering terjadi pada banyak anak ketika mereka melihat dua orang dewasa yang sedang berbicara, lalu mereka mulai berbicara dan mengganggu percakapan tersebut.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.