Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Tak Perlu Skincare Mahal, Begini Cara Menghilangkan Flek Hitam Pakai Bahan Alami

Kompas.tv - 27 Januari 2022, 11:22 WIB
tak-perlu-skincare-mahal-begini-cara-menghilangkan-flek-hitam-pakai-bahan-alami
Cara menghilangkan flek hitam dengan pisang. (Sumber: Freepik)
Penulis : Fiqih Rahmawati | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV – Flek hitam merupakan musuh bersama bagi perempuan karena menggangu penampilan. Oleh karena itu, banyak yang berusaha menghilangan flek hitam ini.

Flek hitam adalah noda atau bercak kehitaman yang muncul karena pigmentasi kulit yang berlebihan. Umumnya, flek hitam tidak berbahaya, namun mengganggu penampilan wajah.

Tak heran, banyak yang melakukan segala cara untuk menghilangkan flek hitam, termasuk membeli skincare mahal.

Baca Juga: Merendam Kaki dengan Air Garam Ternyata Dapat Mengobati Berbagai Penyakit, Ini 5 Manfaatnya

Padahal, terdapat alternatif yang lebih murah dan alami, yakni memanfaatkan bahan-bahan yang ada di rumah. Melansir Sajian Sedap, (Kamis (27/1/2022), terdapat beberapa bahan alami yang dapat menghilangkan flek hitam.

Bahan alami untuk menghilangkan flek hitam

1. Pisang

Salah satu bahan yang dapat menghilangkan flek hitam adalah pisang. Buah berwarna kuning ini mengandung senyawa bioaktif yang dapat menghambar proses melanogenesis, pembentukan melanin yang menyebabkan flek hitam.

Cukup haluskan pisang lalu masukkan perasan satu buah jeruk lemon dan aplikasikan ke wajah. Diamkan selama 15-20 menit, lalu pijat lembut sebelum dibilas dengan air dingin.

2. Pepaya

Pepaya memiliki kandungan vitamuin C, E, K, dan enzim papain yang memiliki sifat pembersih kulit sehingga memudarkan flek hitam.

Cara menggunakan pepaya untuk menghilangkan flek hitam adalah dengan menghaluskannya, kemudian oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 15 menit. Cuci dengan air dingin.

Lakukan step ini secara rutin untuk hasil yang lebih baik.

Baca Juga: Catat, Ini Biaya Perpanjang SIM Terbaru 2022 dan Cara Mengurusnya

3. Jus Lemon

Kandungan asam sitrat yang di dalam lemon dapat membantu menghilangkan flek hitam. Selain itu, kandungan asam sitrat juga dapat membantu proses eksfoliasi dan merangsang pertumbuhan sel kulit baru.

Caranya, ambil bola kapas dan rendam di jus lemon. Oleskan ke bagian wajah yang terdapat flek hitam, kemudian gosok selama 5 menit setiap hari.

Agar hasil lebih baik, hindari paparan sinar matahari langsung setelah perawatan.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya memiliki kandungan antioksidan, enzim, vitamin A, C, dan anti inflamasi. Kandungan tersebut dapat membantu mengobati luka bakar, jerawat, melembabkan kulit, hingga memudarkan flek hitam.

Caranya, oleskan gel lidah buaya ke area flek hitam, pijat selama 5-7 menit, lalu biarkan gel meresap. Bilas dengan air bersih.

Baca Juga: Ringkas dan Tak Banyak Makan Waktu, Ini Cara Cetak Kartu BPJS Kesehatan Sendiri

5. Irisan bawang merah

Bahan yang pasti ada di dapur ini ternyata bisa menjadi penawar flek hitam. Cukup iris bawang merah yang masih segar, ambil bagian putihnya, lalu gosokkan irisan bawang merah pada area flek selama 5 menit.



Sumber : Kompas TV/Sajian Sedap

BERITA LAINNYA



Close Ads x