Kompas TV internasional kompas dunia

India Nyatakan Siap Bekerja Sama dengan Indonesia Terkait Presidensi G20

Kompas.tv - 27 Januari 2022, 05:30 WIB
india-nyatakan-siap-bekerja-sama-dengan-indonesia-terkait-presidensi-g20
Duta Besar India untuk Indonesia Manoj Kumar Bharti yang menyatakan India akan bekerja sama dengan Indonesia menyukseskan presidensi G20 yang saat ini diemban Indonesia (Sumber: Antara)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pemerintah India menyatakan siap bekerja sama dengan Indonesia selaku pemegang Presidensi G20 untuk mencapai pemulihan yang lebih kuat dan berkelanjutan, seperti dilansir Antara, Rabu, (26/1/2022).

"India akan bekerja sama dengan Indonesia dan mengikuti peran Indonesia selaku Presidensi G20 yang mengusung tema 'Recover Together Recover Stronger' atau Pulih Bersama, Pulih Lebih Kuat," kata Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh India Manoj Kumar Bharti dalam peringatan Hari Republik India ke-7 di Jakarta, Rabu.

Kumar Bharti mengatakan sumber persahabatan India dan Indonesia berasal dari keterkaitan budaya, bahasa, seni dan arsitektur selama lebih dari dua milenia.

"Saya ingin menggarisbawahi dalam konteks Asia, jika ada tanda hubung yang harus dilakukan antara dua negara, itu harus antara India dan Indonesia. Tanda hubung antara India dan saudara peradabannya (Indonesia) ini memiliki implikasi yang sangat besar bagi ekonomi global. Tidak hanya dalam hal PDB per kapita, atau investasi dalam modal tetap atau bagian dalam perdagangan dunia, tetapi juga dalam hal pembangunan manusia," kata dia.

Dubes Kumar Bharti mengatakan India dan Indonesia berdampingan satu sama lain untuk meningkatkan daya saing manufaktur guna menciptakan jutaan pekerjaan yang dibutuhkan dan memastikan pertumbuhan populasi muda.

Baca Juga: China Bangun Jembatan di Perbatasan Sengketa, India Waspada

Menteri Keuangan Sri Mulyani, Gubernur BI Perry Warjiyo, Menteri Ekonomi dan Keuangan Italia Daniele Franco serta Menteri Keuangan India Nirmala Sitharaman dalam diskusi panel yang menjadi kick off acara G20 di Bali (9/12/2021). (Sumber: Kementerian Keuangan )

"Keduanya memiliki pemerintah yang harus menarik investasi asing dan meningkatkan infrastruktur," kata Dubes Manoj.

Pada tahun 2021, India mendukung Indonesia dalam penanganan pandemi Covid-19 dengan mengirimkan bantuan berupa 300 unit oxygen concentrator dan 100 MT (metrik ton) Liquid Medical Oxygen (LMO).

Demikian pula Indonesia memberikan bantuannya ke India dengan menyediakan 3.400 tabung oksigen dan 200 unit konsentrator Oksigen ke India.

"Bantuan tepat waktu dari Indonesia ini sangat kami hargai," kata Dubes Manoj.

Di tengah pandemi Covid-19 yang sedang berlangsung dan kebutuhan vaksin yang terus meningkat secara global, Dubes Manoj mengatakan sektor farmasi dan perangkat medis India memainkan peran yang sangat diperlukan.

"India menempati peringkat ke-3 di seluruh dunia untuk produksi farmasi berdasarkan volume dan nilai. Kami ingin memperkuat kemitraan dengan komunitas Internasional untuk mempertahankan momentum di tahun 2022. Indonesia adalah negara mitra yang tepat untuk industri Farmasi kami," kata dia.



Sumber : Kompas TV/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x