Kompas TV nasional politik

JMI Nilai Pidato KSAD Dudung Soal Radikalisme Sebagai Upaya Bersih-Bersih TNI dari Paham Radikal

Rabu, 26 Januari 2022 | 23:55 WIB
jmi-nilai-pidato-ksad-dudung-soal-radikalisme-sebagai-upaya-bersih-bersih-tni-dari-paham-radikal
Direktur Eksekutif Jaringan Moderate Indonesia (JMI), Islah Bahrawi (Sumber: KOMPAS TV)

Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pidato Kepala Staf TNI AD (KSAD) Dudung Abdurachman mengenai ancaman radikalisme dinilai sebagai upaya bersih-bersih dari paham radikal.

Direktur Eksekutif Jaringan Moderate Indonesia (JMI), Islah Bahrawi,  menjelaskan saat ini paham radikal dengan gampang masuk ke pribadi seseorang melalui telepon gengam. Termasuk juga prajurit TNI.

Menurutnya hasil survei empiris menyatakan kelompok radikal sudah masuk ke dalam entitas Polri dan TNI dengan angka yang fantastis yakni bisa mencapai puluhan ribu yang terpapar paham radikal.

Baca Juga: KSAD Dudung Sebut Perkembangan Kelompok Radikal di Indonesia Dalam Hitungan Menit

Jika hal ini dibiarkan, maka potensi kehancuran negara sangat besar. Sebab keduanya merupakan komponen utama dalam stabilitas keamanan negara. Apalagi TNI dan Polri dibekali persenjataan.

"Jadi perlu penegasan dan penguasaan secara internal di tubuh Polri maupun TNI untuk membersihakn ladangnya sendiri sebelum membersihkan orang lain dari paham radikalisme. Ini penting sekali," ujar Islah di program Kompas Petang KOMPAS TV, Rabu (26/1/2020).

Islah menambahkan penegasaan Jenderal Dudung terkait ancaman radikal harus disadari dan diikuti oleh seluruh elemen masyarakat. 

Menurutnya jika ancaman radikalisme ini hanya dianggap sebelah mata, maka peluang penyusupan paham radikal di masyarakat akan semakin tinggi. 

Baca Juga: KSAD Dudung Minta Prajurit Tahu Sampai Koordinat di Mana Kelompok Radikal Berada

Islah mencontohkan negara seperti Suriah, Afganistan, Somalia, Nigeria yang sebelumnya abai terhadap ancaman radikalisme kini direpotkan dengan konflik dalam negeri.


Sumber : Kompas TV

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
20:12
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19