Kompas TV video sinau

Fakta Unik! Selai Srikaya Bukan dari Buah Srikaya

Kompas.tv - 27 Januari 2022, 08:00 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Orang dewasa maupun anak-anak, biasanya menyukai roti yang lembut dan empuk. Untuk mendapatkan roti biasanya bisa membeli di toko atau warung terdekat. Baik itu roti yang sudah berisi selai atau roti tawar.

Terdapat berbagai macam isian selai roti, yang umumya banyak tersedia dan mudah dicari adalah roti selai coklat, nanas, kacang, stroberi dan srikaya.

Nah ada fakta menarik mengenai selai srikaya. Menyantap setangkup roti tawar dengan selai srikaya bersama secangkir teh atau kopi bisa menjadi pilihan kudapan untuk sarapan atau menikmati santai sore hari.

Ternyata selai srikaya tidak ada hubungannya dengan buah srikaya, selai srikaya umumnya memiliki tekstur yang kental dan lembut dengan rasa khas manis, gurih sekaligus legit.

Bahan utama untuk membuat selai srikaya sama sekali tidak menggunakan buah srikaya, umumnya terbuat dari telur dan gula dengan varian santan, pandan, atau telur bebek.

Biasanya selai srikaya berwarna kuning, namun ada pula pilihan lain, yaitu warna hijau dan coklat, untuk membuat selai srikaya bukan hal yang mudah.

Prosesnya memakan waktu hingga delapan jam di atas kompor, lalu didinginkan di suhu ruangan, baru kemudian dimasukan ke dalam kulkas.

Proses pendinginan di suhu ruangan ini amat penting untuk menjaga konsistensi selai supaya tetap lembut. Melansir kompas.com selai srikaya berwarna kuning itu, untuk merefleksikan kekayaan.

Baca Juga: Bahaya! 3 Bahan Makanan Ini Ternyata Tak Boleh Dimakan Bareng Roti Tawar

https://www.kompas.tv/article/232408/bahaya-3-bahan-makanan-ini-ternyata-tak-boleh-dimakan-bareng-roti-tawar 

Editor Video & Grafis: Joshua Victor 

 



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.