Kompas TV internasional kompas dunia

China Bangun Jembatan di Perbatasan Sengketa, India Waspada

Kompas.tv - 26 Januari 2022, 19:59 WIB
china-bangun-jembatan-di-perbatasan-sengketa-india-waspada
Foto Danau Pangong, wilayah yang termasuk perbatasan sengketa China dan India. Foto diambil pada September 2011. Pada Januari 2022, China dilaporkan membangun jembatan di danau tersebut. Pemerintah India menyebutnya ilegal. (Sumber: KennyOMG via Wikimedia)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

NEW DELHI, KOMPAS.TV - China dilaporkan sedang membangun jembatan di Danau Pangong, area yang menjadi bagian sengketa perbatasan negara itu dengan India.

Sebagaimana diwartakan Al Jazeera, Selasa (25/1/2022), konstruksi itu terletak di perbatasan daerah Ladakh, negara bagian Kashmir, India.

Jembatan itu rencananya akan berdiri sepanjang 400 meter dengan lebar delapan meter. Citra satelit menunjukkan fasilitas tersebut sudah mulai dibangun.

Jembatan ini dibangun dekat Garis Batas Aktual (LAC), perbatasan de facto China-India yang disengketakan selama berdekade-dekade. 

Pihak India menegaskan bahwa pembangunan jembatan China ilegal. New Delhi mengaku akan “memonitor” kegiatan konstruksi tersebut.

“Pemerintah telah menjalankan semua langkah yang dibutuhkan untuk memastikan kepentingan keamanan kami sepenuhnya terlindungi,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri India, Arindam Bagchi.

Baca Juga: Hina Gandhi dan Justru Puji Pembunuhnya, Pemimpin Hindu India Ditangkap Polisi

Eskalasi di perbatasan Ladakh sendiri meningkat sejak 2020 lalu. Militer masing-masing pihak saling tuduh memasuki wilayah tanpa izin.

Pada Juni 2020, situasi memanas dan terjadi bentrok mematikan yang menewaskan 20 tentara India dan empat tentara China. 

Kedua pihak mengaku tentara tidak menggunakan senjata api, melainkan berkelahi dengan batu dan pentungan.

Insiden itu memicu mobilisasi tentara di kedua belah pihak. Diplomat pun berkali-kali terlibat negosiasi, tetapi tidak membuahkan kesepakatan berarti.

Baik China atau India juga menggencarkan konstruksi infrastruktur militer. Pembangunan jembatan China adalah salah satu yang terkini.

Ajai Shukla, pakar keamanan asal New Delhi, menyebut pembangunan jembatan di Pangong adalah “perkara besar” bagi India. Menurutnya, China bisa memanfaatkan fasilitas itu untuk menerjunkan pasukan dengan cepat.



Sumber : Al Jazeera

BERITA LAINNYA



Close Ads x