Kompas TV internasional kompas dunia

Jerman Terkesan Lunak dalam Konflik Barat dan Rusia Terkait Ukraina, Ini Penjelasannya

Kompas.tv - 26 Januari 2022, 19:45 WIB
jerman-terkesan-lunak-dalam-konflik-barat-dan-rusia-terkait-ukraina-ini-penjelasannya
Kanselir Jerman Olaf Scholz. Ujian penting pertama bagi pemerintahan baru Kanselir Jerman Olaf Scholz adalah mengatasi keengganannya untuk memimpin masalah keamanan di Eropa pasca-Perang Dunia II dan mengesampingkan nalurinya untuk mengakomodasi Rusia dan berganti ke nada konfrontasi. (Sumber: EPA-EFE/Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Iman Firdaus

BERLIN, KOMPAS.TV - Situasi makin hari makin panas antara Rusia dan Amerika Serikat serta negara-negara NATO terkait situasi di Ukraina. 

Amerika Serikat dan sekutu NATO-nya bergerak untuk meningkatkan komitmen militer mereka di Baltik dan Eropa Timur ketika perselisihan dengan Rusia makin dalam.

Denmark mengirim jet tempur ke Lituania dan fregat ke Laut Baltik. Sementara Prancis menawarkan pasukan ke Rumania.

Tak mau ketinggalan Spanyol mengirim fregat ke Laut Hitam. Bahkan Presiden Joe Biden menempatkan sekitar 8.500 tentara Amerika Serikat dalam "siaga tinggi".

Namun Jerman, dalam beberapa hari terakhir  terkesan enggan untuk ambil tindakan tegas.  Padahal sebagai negara demokrasi terbesar dan terkaya di Eropa, negara ini memainkan peran penting.

Tidak ada negara Eropa yang lebih penting bagi persatuan Eropa dan aliansi Barat selain Jerman. Inilah ujian penting pertama bagi pemerintahan baru Kanselir Jerman Olaf Scholz yaitu  mengatasi keengganannya untuk memimpin masalah keamanan di Eropa pasca-Perang Dunia II dan mengesampingkan nalurinya untuk mengakomodasi Rusia dan berganti ke nada konfrontasi.

Sikap Jerman ini menambah kekhawatiran bahwa Moskow dapat menggunakan keragu-raguan Jerman sebagai pemecah tanggapan Eropa terhadap setiap agresi Rusia.

Sebelumnya, dalam panggilan video dengan para pemimpin Eropa pada Senin malam (24/1/2022) Biden  mengatakan pembicaraan berjalan "sangat, sangat, sangat" baik, dan Scholz menegaskan Rusia akan menderita "biaya tinggi" jika ada intervensi militer.

Tetapi sekutu Jerman masih bertanya-tanya berapa biaya yang harus ditanggung untuk menghadapi kemungkinan agresi Rusia.

"Di dalam Uni Eropa, Jerman sangat penting untuk mencapai persatuan," kata Norbert Rottgen, seorang anggota parlemen konservatif senior dan pendukung kebijakan luar negeri Jerman yang keras.

"Tujuan (Vladimir) Putin adalah untuk memecah Eropa, dan kemudian membelah Eropa dan Amerika Serikat. Jika kesan makin kuat bahwa Jerman tidak sepenuhnya berkomitmen pada respons kuat NATO, Putin berhasil melumpuhkan Eropa dan memecah aliansi."

Baca Juga: Alasan Jerman Tolak Persenjatai Ukraina: Terkait Sejarah Perang Dunia dan Kontrak Gas dengan Rusia

Peta wilayah Crimea Ukraina yang dianeksasi Rusia di selatan, dan wilayah separatis yang didukung Rusia di Timur Ukraina. Ujian penting pertama bagi pemerintahan baru Kanselir Jerman Olaf Scholz adalah mengatasi keengganannya untuk memimpin masalah keamanan di Eropa pasca-Perang Dunia II dan mengesampingkan nalurinya untuk mengakomodasi Rusia dan berganti ke nada konfrontasi. (Sumber: France24)

Ketika Rusia mengadakan latihan militer di dekat perbatasan Ukraina pada hari Selasa, Scholz bertemu dengan Presiden Prancis Emmanuel Macron di Berlin, memperingatkan Moskow bahwa "agresi militer yang mempertanyakan integritas wilayah Ukraina akan memiliki konsekuensi yang serius".

Pemerintah Jerman tidak hanya mengesampingkan ekspor senjata ke Ukraina, tetapi juga menahan pengiriman sembilan howitzer era komunis dari Estonia ke Ukraina.

Di sisi lain, Scholz dan politisi Sosial Demokrat senior lainnya di pemerintahan belum memberi kejelasan tentang apakah penutupan pipa gas bawah laut Nord Stream 2 yang kontroversial dari Rusia ke Jerman akan menjadi bagian dari kemungkinan sanksi terhadap Rusia, bersikeras hal itu (Nord Stream 2) adalah "proyek sektor swasta " dan "terpisah" dari isu Ukraina.

Friedrich Merz, pemimpin baru yang ditunjuk dari partai konservatif oposisi mantan kanselir Angela Merkel, sementara itu memperingatkan agar tidak mengecualikan bank-bank Rusia dari jaringan transaksi pembayaran Swift yang menangani transfer keuangan global karena akan "membahayakan" kepentingan ekonomi Jerman.



Sumber : Kompas TV/The New York Times/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.