Kompas TV religi beranda islami

Doa Nabi Muhammad agar Hati Tenteram dan Damai

Kompas.tv - 26 Januari 2022, 17:01 WIB
doa-nabi-muhammad-agar-hati-tenteram-dan-damai
Ilustrasi: berdoa. Inilah Doa Nabi Muhammad agar hati kita tenteram (Sumber: Istimewa/Tribunnews)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ini merupakan doa Nabi Muhammad yang bisa kita panjatkan jika hati sedang dalam kondisi kacau, tidak tenteram dan cenderung was-was.

Hati yang tenang adalah kunci kebahagiaan, bukan? Namun, rasa-rasanya sebagai manusia biasa, begitu susah untuk membuat hati yang tenang.

Untuk itulah, Nabi Muhammad mengajarkan umatnya untuk senantiasa menjaga hati tenteram dan damai. Pikiran juga jadi lebih enteng. 

Doa Nabi Muhammad ini termaktub dalam Shahih Bukhari, salah satu kitab hadis yang jadi rujukan utama umat Islam. Hadis ini juga mutawatir, artinya bisa diamalkan.

Dalam Islam, hati menjadi salah satu pilar dalam tubuh untuk mengelola, sekaligus menjadikan tubuh kita selaras dengan iman.

Islam juga mengajarkan, menjaga hati menjadi krusial. Fungsinya, agar tidak senantiasa was-was maupun jatuh pada kerusakan.

Kerusakan ini baik fisik maupun batin. Sebab, efek yang bisa ditimbulkan terkadang tidak bisa terprediksi. Paling ringan para ulama mengajarkan, rusaknya hati bisa membuat enteng berbuat dosa tanpa disadari.

Sabda Nabi Muhammad: Ketahuilah sesungguhnya di dalam tubuh ini ada segumpal daging. Jika ia baik, maka baiklah selururh anggota tubuh dan jika rusak, maka rusaklah seluruh anggota tubuh. Ketahuila ia adalah hati.” (HR. Al-Bukhari)

Untuk itulah, Doa Nabi Muhammad ini bisa salah satu ikhtiar untuk menjaga hati kita agar tetap bisa bersih. 

Lantas, kapan waktu ideal doa Nabi Muhammad ini?

Kita bisa mendaraskannya saat malam hari, ketika hendak tidur. Malam hari biasanya jika pikiran dan hati kita sedang tidak enak, maka sulit untuk tidur.

Doa Nabi Muhammad ini juga bisa kita baca ketika usai salat atau lebih bagus lagi saat kita bersimpuh di salat malam. Itu waktu terbaik untuk bercengkerama dengan Allah SWT dan mengadukan semua persoalan kita. 

Baca Juga: Doa Nabi Muhammad di Hari Jumat agar Dosa selama 80 Tahun Diampuni

Doa Nabi Muhammad agar hati tenteram dan tenang

Doa Nabi Muhammad agar hati tenteram (Sumber: kompas.tv/dedik priyanto)

Allahumma inni a’udzu bika minal Hammi wal hazan, wa a’udzu bika minal ‘ajzi wal kasal, wa a’udzu bika minal jubni wal bukhl, wa a’udzu bika min ghalabatid dain wa qahrir rijal.

“Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari rasa sedih dan gelisah, aku berlindung daripada sifat lemah dan malas, dan aku berlindung kepada-Mu dari sikap pengecut dan bakhil, dan aku berlindung kepada-Mu dari cengkaman hutang dan penindasan orang.” (HR. Bukhari).

Semoga Allah senantiasa menjadikan hati kita tenteram dan pikiran jadi lebih enak. Amin. Wallahu a'lam.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x