Kompas TV video sinau

Ternyata Ini Alasan Kenapa Kuda Pakai Kacamata saat Menarik Delman

Jumat, 28 Januari 2022 | 20:20 WIB

Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Pernahkah Anda memperhatikan, kenapa kuda yang menarik delman atau membawa beban di belakangnya umumnya memakai penutup di bagian mata?

Penutup mata ini dikenal dengan istilah kacamata kuda. Meski disebut kacamata, perangkat ini tidak memiliki lensa seperti kacamata pada umumnya.

Kacamata kuda yang juga disebut horse blinders atau blinkers ini berfungsi untuk mencegah kuda melihat hal yang ada di belakang dan di sampingnya. Kuda harus mengenakan ini agar perhatian mereka tidak teralihkan atau panik saat melihat yang ada di sekitarnya.

Dilansir dari Horsy Planet, kuda memiliki sifat cenderung mudah takut, terutama di lingkungan baru. Kuda memiliki mata yang terletak di sisi kepala mereka, yang mampu melihat dengan jangkauan luas sehingga memungkinkan kuda untuk tetap waspada.

Baca Juga: Kenapa Selalu Ada Gambar Pahlawan di Uang? Ini Jawabannya & Ternyata Wajah Presiden Juga Bisa Asal..

Di alam liar, kuda termasuk dalam kelompok hewan mangsa, yang melindungi diri dengan lari dari bahaya. Hal ini menjelaskan kenapa kuda memiliki naluri untuk selalu melihat dan mendengarkan segala sesuatu di sekitar mereka.

Dengan memakai kacamata kuda atau penutup mata, pandangan kuda berkurang sekitar 30 sampai 180 derajat, tergantung pada ukuran penutup mata kuda.

Saat menarik beban atau berada di area balapan, penutup mata ini mencegah kuda melihat apa pun selain trek yang mereka lewati, sehingga kuda tetap tenang dan fokus selama melakukan tugas mereka.

Selain itu, kacamata kuda ini juga penting supaya kuda tidak berjalan mundur saat ada pengekang yang terpasang padanya, yang bisa membahayakan kuda dan juga orang yang berjalan di sekitarnya.

Baca Juga: Cerita di Balik Patung Bung Karno Naik Kuda, Sempat Bikin Panik Karena Soekarno Belum Bisa Berkuda

(*)

Video Editor & Grafis: Agus Eko


Sumber : diolah dari berbagai sumber


BERITA LAINNYA


Close Ads x