Kompas TV nasional agama

Wapres Ma ruf Amin Dorong Seluruh Ulama Gerak Bersama, Ada Apa?

Kompas.tv - 26 Januari 2022, 14:59 WIB
wapres-ma-ruf-amin-dorong-seluruh-ulama-gerak-bersama-ada-apa
Wapres Maruf Amin dalam sebuah acara. Wapres juga mendorong persatuan para ulama di Indonesia (Sumber: Dokumentasi resmi Setwapres)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden Ma’ruf Amin, mendorong seluruh ulama untuk bergerak bersama dan bersatu, ada apa?

Menurut Wapres, ketika ulama bersatu, hal itu untuk meningkatkan dan menyebarkan ajaran Islam moderat ke seluruh umat Islam di berbagai daerah.

Dengan implementasi itu, maka konsep terkait Islam wasathiyah (moderat) Indonesia dapat menjadi poros perdamaian dan toleransi di berbagai negara, termasuk negara-negara berbasis Islam yang justru berkonflik.

Hal itu diungkapkan Wapres dalam Halaqah Kebangsaan I yang diselenggarakan Badan Penanggulangan Ekstremisme dan Terorisme Majelis Ulama Indonesia (BPET-MUI) melalui konferensi video dari Jakarta, Rabu (26/1/2022).

"Saya optimistis, jika ulama Indonesia bersatu padu terus dalam merawat dan meningkatkan moderasi Islam, maka wasathiyah di Indonesia akan menjadi poros pancaran harapan bagi lahirnya dunia yang damai," kata Wapres dikutip KOMPAS TV dari Antara.

Baca Juga: Wapres Ma’ruf Amin Jelaskan Islamophobia dan Diskriminasi Muslim di Banyak Negara

Wapres pun mengapresiasi peran para ulama di Indonesia yang telah berperan mewujudkan pemahaman Islam secara moderat dan toleran.

Hal itu, lanjutnya, turut menjaga kondisi kerukunan antarumat beragama di Indonesia.

"Para ulama telah memainkan peranan kunci dalam mewujudkan pemahaman Islam secara moderat dan toleran serta ulama sebagai pewaris para nabi dan obor keteladanan bagi umat," ujarnya.

Kondisi toleransi dan kerukunan antarumat beragama di Indonesia, kata Wapres, telah menjadi contoh bagi negara-negara asing untuk menciptakan perdamaian di daerah konflik.

Menurut Mustasyar PBNU tersebut, Indonesia,sebagai negara dengan populasi Muslim terbesar di dunia bisa menjaga kondisi kerukunan antar warganya. 

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Sebut Citra Islam Rusak karena Segelintir Orang

Selain itu, di negeri ini hidup berdampingan dengan masyarakat pemeluk agama lain juga sudah menjadi tradisi.

"Rasanya tidak berlebihan jika kita dinilai atau dipersepsikan oleh masyarakat dunia, sebagai salah satu model yang patut menjadi contoh untuk menjaga perdamaian dan persatuan dalam keberagaman," katanya.

Wapres juga menjelaskan, ia tidak heran Indonesia jadi rujukan terkait Islam di dunia. 

"Dan tidak berlebihan pula jika kita diharapkan banyak pihak untuk memimpin dalam menciptakan perdamaian di dunia melalui penyebaran nilai-nilai moderasi Islam atau Islam wasathiyah," ujar dia.



Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.