Kompas TV regional berita daerah

Tahun Macan Air, Lampion Macan Raksasa Banyak Dipesan

Kompas.tv - 26 Januari 2022, 14:03 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SUKOHARJO, KOMPAS.TV - Menjelang perayaan Imlek Tahun Macan Air, Edi Cahyo seorang seniman asal Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, menerima pesanan pembuatan lampion macan dan dewa uang berukuran raksasa.

Dibantu oleh dua temannya, Edi menyelesaikan lampion macan raksasa di studionya, yang berlokasi di Dukuh Tempel, Desa Mancasan, Baki, Kabupaten Sukoharjo. Saat ini yang sedang digarap Edi adalah dua lampion macan. Sementara untuk lampion dewa uang baru akan ia kerjakan.

Untuk menyelesaikan satu lampion macan ukuran raksasa dibutuhkan 10 meter kain dan besi, pengerjaannya memakan waktu sekitar dua minggu. Lampion-lampion pesanan ini nantinya akan dikirim ke Balaikota Solo.

"Sesuai pesanan ada tiga. Untuk macan panjang lima meter, itu macannya realis, terus yang kecil-kecil itu ukuran 170,180 macan kartun, sama yang satunya dewa uang," ujar Edi.

Harga lampion buatan Edi mencapai puluhan juta rupiah, tergantung tingkat kesulitan pembuatannya. Edi sudah menekuni seni patung sejak tahun 2014. Berbagai pesanan pembuatan patung dan lampion dari berbagai kota seperti Jakarta, Manado, Aceh dan Kalimantan.

#imlek #tahunmacanair #solo

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x