Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Pertimbangkan 6 Nama Ini Jadi Kepala Otorita IKN: Ada Ahok, Ridwan Kamil dan Risma

Kompas.tv - 26 Januari 2022, 14:15 WIB
jokowi-pertimbangkan-6-nama-ini-jadi-kepala-otorita-ikn-ada-ahok-ridwan-kamil-dan-risma
Desain Istana Negara atau Istana Garuda yang bakal menjadi bagian dari kawasan Ibu Kota Negara (IKN) Baru, karya seniman I Nyoman Nuarta. Sejumlah nama mengemuka untuk menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara yang baru yang rencananya bakal bernama Nusantara.(Sumber: I Nyoman Nuarta via KOMPAS.com)
Penulis : Vidi Batlolone | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS. TV - Sejumlah nama mengemuka untuk menjadi Kepala Otorita Ibu Kota Negara yang baru yang rencananya bakal bernama Nusantara. Salah satunya ialah mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok.

Hal ini dikatakan Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden Ali Mochtar Ngabalin melalui pernyataan video kepada Kompas.TV,  Rabu (26/1/2022).  

Menurut Ali Mochtar Ngabalin, Presiden Joko Widodo sendiri sudah pernah menyinggung empat  nama untuk menjabat sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Negara.

Baca Juga: IKN Baru Bernama Nusantara

Seperti diketahui, Ibu Kota Negara nantinya bakal dipimpin oleh kepala otorita. Berbeda dengan daerah lainnya, mekanisme pemilihan pemimpin ibu kota baru bukan dengan pemilihan oleh rakyat, namun ditunjuk oleh pemerintah.

Ali Ngabalin menyebut, empat nama tersebut ialah ekonom sekaligus mantan Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro, mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, mantan Direktur Utama PT Wijaya Karya Tumiyana dan mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaya Purnama alias Ahok. 

"Tahun 2020 kemarin Bapak Presiden menyebutkan 4 nama yang kemungkinan akan menjadi kepala Otorita IKN Nusantara. Di antaranya Pak Bambang Brodjonegoro, Basuki Tjahaja Purnama, Tumiyana dan Azwar Anas," urainya. 

Baca Juga: Risma Soal Jabatan Kepala Otorita IKN: Banyak Kepala Daerah yang Arsitek, Bukan Cuma Aku

Setelah RUU IKN disahkan menjadi Undang-Undang, menurut Ngabalin, Presiden mulai mempertimbangkan juga sosok yang berlatar belakang arsitek. Selain itu, Presiden menyebut sosok kepala otorita bisa berlatar belakang kepala daerah yang berhasil. 

Karena itulah kemudian nama Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan Menteri Sosial Tri Rismaharini mulai masuk radar sebagai calon Kepala Otorita IKN Nusantara. Sebab, baik Ridwan Kamil maupun Tri Risma sama-sama berlatar belakang arsitek dan pernah menjabat sebagai kepala daerah. 

"Belakangan setelah Undang-Undang IKN disahkan oleh DPR, Presiden menyebut ada di antara mereka yang punya latar belakang sebagai insinyur, arsitek, berhasil memimpin daerah. Karena itulah, muncul nama Kang Emil, kemudian Risma," tukas Ngabalin. 

Baca Juga: Ridwan Kamil Soal Jabatan Kepala Otorita IKN: Saya Tidak Mau Berandai-andai

Dia mengatakan, dalam waktu yang tidak terlalu lama, Presiden akan mengumumkan nama kepala Otorita IKN Nusantara. 

"Siapapun yang nanti dipilih Presiden, maka kita tunggu tim seleksi, insyaallah dalam waktu yang tidak terlalu lama," paparnya. 

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.