Kompas TV nasional agama

Wapres Ma ruf Amin Jelaskan Islamophobia dan Diskriminasi Muslim di Banyak Negara

Kompas.tv - 26 Januari 2022, 10:58 WIB
wapres-ma-ruf-amin-jelaskan-islamophobia-dan-diskriminasi-muslim-di-banyak-negara
Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menjelaskan soal Islamopobia dan diskriminasi yang kerap terjadi di dunia barat dan menyasar muslim (Sumber: BPMI Setpres)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin menjelaskan soal Islamophobia dan diskriminasi rasial yang kerap terjadi, serta dialami oleh muslim di pelbagai belahan dunia.

Kata Wapres, hal ini terkait dengan segelintir orang yang mengatasnamakan Islam untuk membenarkan kekerasan yang dilakukannya dan terjadi di negara-negara tersebut. 

Akibatnya, Kata Ma'ruf, terjadi islamophobia yang saat ini marak di berbagai negara.

Tak jarang, kata Mustasyar PBNU tersebut, umat Islam mendapatkan perlakuan diskriminatif dan rasialis akibat islamophobia ini.

Lantas, apa penyebabnya?

Kata Wapres, hal ini akibat kesalahpahaman sekelompok kecil orang  yang mengatasnamakan Islam, tapi justru melakukan kekerasan serta ekstremisme yang dianggapnya mencoreng citra Islam.  

“Padahal sesungguhnya mereka itu bukan representasi umat Islam dan bukan cerminan dari ajaran Islam,” terang Kiai Ma’ruf dalam pidato membuka seminar international Builiding International Cooperation to Reinforce Commitment and Practices of Islam Rahmatan Lil Alamin yang digelar INFID Kerjasama Muhammadiyah dan PBNU, Selasa (25/1/2022).

Citra Islam, kata Wapres, pada dasarnya adalah damai dan toleran.

Oleh karena itu, ia mengajak kepada umat Muslim untuk bergotong royong menyelesaikan kesalahpahaman tersebut dengan menyuguhkan cerminan Islam yang ramah dan bersahabat.

“Maka kita sebagai umat Islam bersama-sama memikul pekerjaan besar untuk menjadi cerminan Islam yang moderat, bersahabat dan toleran. Tidak hanya itu, kita juga harus menjadi umat Islam yang maju dan berdaya,” ajaknya.

Baca Juga: Wapres Ma'ruf Amin Sebut Citra Islam Rusak karena Segelintir Orang

Pujian Internasional atas Toleransi di Indonesia



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x