Kompas TV internasional kompas dunia

Makin Tegang, AS dan Eropa Siapkan Sanksi untuk Rusia

Rabu, 26 Januari 2022 | 10:29 WIB
makin-tegang-as-dan-eropa-siapkan-sanksi-untuk-rusia
Menlu AS, Antony Blinken mengingatkan Ukraina bahwa Rusia bisa melakukan penyerangan dalam waktu dekat, saat berbicara di Kiev, Ukraina, Rabu (19/1/2022). AS dan Eropa telah menyiapkan sanksi untuk Rusia, jika mereka mengerahkan pasukan ke Ukraina. (Sumber: AP Photo/Alex Brandon, Pool)

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Amerika Serikat (AS) dan Eropa menyiapkan sanksi ekonomi dan politik jika Rusia memindahkan militernya ke Ukraina. Namun demikian, mereka khawatir akan dampak dari konflik Rusia-Ukraina ini akan berpengaruh pada pasokan gas. Rusia dikhawatirkan akan memotong pengiriman gas alamnya ke Eropa pada puncak musim dingin.

Putin telah mengerahkan sekitar 100.000 tentara di dekat perbatasan Ukraina selama berminggu-minggu. Peristiwa ini memicu krisis diplomatik untuk Eropa dan Amerika Serikat. Namun demikian, Putin masih menyangkal niatan untuk menyerang Ukraina.

“Tindakan AS dan Eropa terhadap Rusia jika terjadi invasi juga akan memiliki konsekuensi bagi negara lain, termasuk kami,” kata Menteri Luar Negeri Antony Blinken, seperti dikutip dari The Associated Press.

Baca Juga: Alasan Jerman Tolak Persenjatai Ukraina: Terkait Sejarah Perang Dunia dan Kontrak Gas dengan Rusia

“Ada konsekuensi yang terjadi pada semua orang,” kata Blinken. “Tetapi kami telah melakukan banyak pekerjaan untuk mengurangi dampak sanksi terhadap mereka yang memberlakukannya, serta tindakan pembalasan apa pun yang mungkin dilakukan Rusia,” katanya.

Dua pejabat senior AS secara terpisah memberi penjelasan kepada wartawan tentang upaya tim keamanan nasional Biden untuk menangani efek lanjutan dari sanksi. Para pejabat berbicara dengan syarat anonim untuk membahas musyawarah.

“Jika diperlukan, Eropa akan mencari pasokan gas alam di Afrika Utara, Timur Tengah, Asia, dan Amerika Serikat. Upaya itu akan membutuhkan “volume yang agak lebih kecil dari banyak sumber” untuk menebus pemotongan Rusia,” menurut salah satu pejabat seperti dikutip dari The Assiciated Press.

Baca Juga: Situasi Ukraina Memanas, AS Siap Terjunkan 8.500 Pasukan ke Eropa Timur

Seorang pejabat mengatakan bahwa sanksi yang disiapkan AS dan Eropa dapat memacu inflasi di Rusia dan akan memicu resesi dalam, yang tidak akan membuat Putin memenangkan hati dan pikiran rakyat Rusia. 

Kelompok, Konsumen Energi Industri Amerika, telah meminta Menteri Energi Jennifer Granholm untuk membatasi ekspor gas alam cair atau LNG. Menurut kelompok itu, dengan mengontrol ekspor LNG, maka harga gas alam akan meningkat.

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:10
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19