Kompas TV nasional peristiwa

Wapres Ma'ruf Amin Sebut Citra Islam Rusak karena Segelintir Orang

Kompas.tv - 26 Januari 2022, 10:16 WIB
wapres-ma-ruf-amin-sebut-citra-islam-rusak-karena-segelintir-orang
Wakil Presiden Maruf Amin menegaskan ada segelintir orang yang mengatasnamakan Islam yang justru merusak (Sumber: Tangkapan Layar Youtube INFID)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Wakil Presiden RI Ma’ruf Amin berpandangan, citra Islam yang damai dan toleran belakangan ini justru rusak oleh karena segelintir orang.

Segelintir orang ini, kata Ma’ruf, adalah mereka yang mengatasnamakan Islam tapi justru melakukan kekerasan dan ekstremisme.

Hal itu diungkapkan Wapres saat membuka seminar international Builiding International Cooperation to Reinforce Commitment and Practices of Islam Rahmatan Lil Alamin yang digelar INFID Kerjasama Muhammadiyah dan PBNU, Selasa (25/1/2022).

Dalam kesempatan itu, Wapres juga menegaskan Islam telah membangun paradigma yang sangat monumental, abadi dan universal dengan menghadirkan konsep Islam rahmatan lil ‘alamin yang ramah terhadap semua ciptaan Tuhan.

“Tajuk ini saya pandang strategis dan tepat waktu karena kerja sama dunia Islam mutlak diperlukan mengingat tantangan yang dihadapi untuk penguatan komitmen dan praktiknya tidak ringan,” kata Kiai Ma’ruf sebagaimana diikuti KOMPAS TV, Selasa (25/1).

Baca Juga: Jubir: Wapres Ma’ruf Amin Setuju Syaichona Cholil Ditetapkan Jadi Pahlawan Nasional

Wapres juga menyayangkan, lantaran di sisi lain masih banyak pihak yang justru mengidentikkan Islam dengan ekstremisme dan kekerasan.

Kata Wapres, citra Islam yang mulia telah dirampas oleh segelintir orang yang mengatasnamakan Islam untuk membenarkan kekerasan yang dilakukannya.

Akibatnya, kata Maruf, terjadi islamophobia yang saat ini marak di berbagai belahan dunia. Tak jarang, umat Islam mendapatkan perlakuan diskriminatif dan rasialis akibat islamophobia.

“Islamophobia ini muncul  akibat kesalahpahaman terhadap Islam serta generalisasi terhadap perbuatan sekelompok kecil orang yang mengatasnamakan Islam. Padahal sesungguhnya mereka itu bukan representasi umat Islam dan bukan cerminan dari ajaran Islam,” kata Kiai Ma’ruf.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x