Kompas TV nasional politik

Bima Arya Sebut Ridwan Kamil Capres Terbaik di Pilpres 2024, Sinyal Mengajak Gabung ke PAN?

Kompas.tv - 26 Januari 2022, 09:33 WIB
bima-arya-sebut-ridwan-kamil-capres-terbaik-di-pilpres-2024-sinyal-mengajak-gabung-ke-pan
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerbitkan Keputisan Gubernur tentang UMK 27 Kabupaten/Kota di Jabar. Kota Bekasi menjadi daerah di Jabar dengan UMK tertinggi pada 2022 (1/12/2021). (Sumber: Dok. Humas Pemprov Jabar)
Penulis : Tito Dirhantoro | Editor : Gading Persada

BOGOR, KOMPAS.TV - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyebut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sebagai calon presiden (capres) terbaik dalam pemilihan presiden (pilpres) 2024 mendatang.

"Ya seperti saya sampaikan, menurut saya pribadi menilai Kang Emil adalah yang terbaik dari pilihan yang ada," kata Bima Arya melalui keterangannya di Kota Bogor yang dikutip pada Rabu (26/1/2022).

Baca Juga: Hasil Survei, Ini 3 Capres Jagoan Pilihan Warga NU

Menurut Bima, pria yang akrab disapa Kang Emil itu memiliki pengalaman panjang di dalam pemerintahan. Dibarengi pula dengan kecakapan manajemen pembangunan dan wawasan kebangsaan yang kuat. 

Hanya, kata Bima, Ridwan Kamil yang terkenal membangun tata ruang kota di Kota Bandung dan lekat dengan media sosial sebagai media komunikasi yang gandrung di kalangan anak-anak milenial, belum bergabung dengan partai politik hingga kini. 

Dalam Undang-Undang Nomor 23 tahun 2003 tentang pemilihan umum presiden dan wakil presiden pasal 1 ayat 6, menyatakan pasangan calon presiden dan wakil presiden selanjutnya disebut pasangan calon adalah peserta pemilu presiden dan wakil presiden yang diusulkan oleh partai politik atau gabungan partai politik yang telah memenuhi persyaratan.

Baca Juga: Selalu Ditanya Soal Capres, Ridwan Kamil : Saya Fokus Bekerja

"Jadi kurangnya hanya satu, belum menjadi bagian dari partai politik," ujar Bima Arya.

Bima menuturkan sebelumnya dalam Workshop Nasional PAN di Bali pada November 2021 lalu, Ridwan Kamil masuk dalam bursa calon presiden 2024.

Nama Ridwan Kamil muncul bersama tokoh lain yakni Anies Baswedan, Erick Thohir, Ganjar Pranowo dan Khofifah Indar Parawansa. 

Kelimanya masuk bursa PAN karena menduduki puncak survei-survei pilpres 2024. Namun, kata Bima, PAN masih terbuka menjalin komunikasi dengan partai lain untuk menentukan calon yang tepat dalam pertarungan politik tersebut. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x