Kompas TV internasional kompas dunia

Makin Panas di Ukraina, Joe Biden Kini Ancam Putin dengan Sanksi Pribadi

Kompas.tv - 26 Januari 2022, 09:03 WIB
makin-panas-di-ukraina-joe-biden-kini-ancam-putin-dengan-sanksi-pribadi
Presiden Amerika Serikat Joe Biden hari Selasa, (25/1/2022) di Washington mengatakan dia mempertimbangkan untuk menambahkan sanksi langsung terhadap Putin ke dalam serangkaian tindakan yang sedang disusun atas ketegangan di Ukraina. (Sumber: France24)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

WASHINGTON, KOMPAS.TV - Amerika Serikat (AS) pada Selasa (25/1/2022) kemarin mengancam Moskow dengan sanksi baru, termasuk tindakan yang secara pribadi menargetkan Presiden Rusia Vladimir Putin.

Ancaman ini dikeluarkan AS saat pasukan tempur Rusia berkumpul di sekitar Ukraina untuk menggelar latihan militer baru.

Seperti dilansir France24, Rabu (26/1), ketegangan saat ini makin meningkat, dimana Washington mengatakan risiko invasi Rusia ke Ukraina sangat mungkin.

Presiden AS Joe Biden mengatakan, ancaman serbuan ke Ukraina akan memicu konsekuensi besar dan bahkan mengubah dunia. Bahkan Biden juga mempertimbangkan untuk menambahkan sanksi langsung terhadap Putin ke dalam serangkaian tindakan yang sedang disusun.

"Ya. Saya akan melihat itu," kata Biden ketika ditanya oleh wartawan di Washington tentang penargetan Putin, yang telah lama dituduh penentangnya memiliki kekayaan rahasia yang sangat besar, Selasa (25/1).

Seorang pejabat senior AS menggambarkan sanksi ekonomi dengan konsekuensi besar yang jauh melampaui langkah-langkah sebelumnya yang diterapkan pada tahun 2014 setelah Rusia menginvasi wilayah Krimea di Ukraina, seraya menggarisbawahi (sanksi) bertahap gaya masa lalu telah berakhir.

Langkah-langkah baru akan mencakup pembatasan ekspor perangkat Amerika Serikat berteknologi tinggi di sektor artificial intelligence, komputasi kuantum, dan kedirgantaraan, kata pejabat itu kepada wartawan dengan syarat anonim.

"Apa yang kita bicarakan adalah teknologi canggih yang kita rancang dan produksi, dan memotongnya akan memukul cukup keras ambisi strategis Putin untuk mengindustrialisasi ekonominya," kata pejabat tersebut.

Sementara itu, Perdana Menteri (PM) Inggris Boris Johnson menggemakan ancaman tersebut, dengan mengatakan sanksi akan lebih berat dari apa pun yang pernah kami lakukan.

Dalam upaya untuk memecahkan ketegangan yang semakin meningkat, Presiden Prancis Emmanuel Macron mengatakan dia akan berbicara melalui telepon dengan Putin hari Jumat (28/1) lusa guna mencari "klarifikasi" tentang niat Moskow.

Baca Juga: Alasan Jerman Tolak Persenjatai Ukraina: Terkait Sejarah Perang Dunia dan Kontrak Gas dengan Rusia

Gambar peta jalur pipa gas alam Nord Stream 2 dari Rusia ke Jerman di Lubwin, Jerman. Foto diambil pada 16 November 2021. Pengamat menyebut sikap Berlin yang lebih lunak dibanding anggota NATO lain terhadap Rusia terkait dengan kontrak gas alam. (Sumber: Stefan Sauer/DPA via Associated Press)

Latihan militer baru Rusia

Sehari setelah Washington mengatakan telah menyiagakan 8.500 tentara AS untuk digelar mendukung pasukan NATO di Eropa, militer Rusia mengumumkan mereka melakukan latihan baru yang melibatkan 6.000 tentara di dekat Ukraina dan di wilayah Krimea.

Latihan tersebut termasuk latihan menembak dengan jet tempur, pembom, serta latihan sistem anti-pesawat dan kapal dari armada Laut Hitam dan Kaspia, kata kementerian pertahanan.

Menurut pejabat Barat, Kremlin mengerahkan lebih dari 100.000 tentara di perbatasan Ukraina, dengan bala bantuan datang dari seluruh Rusia.

"Kami terus mengamati akumulasi kekuatan tempur yang signifikan," kata juru bicara Pentagon John Kirby.

Kanada mengumumkan akan mengikuti Inggris dan AS untuk menarik keluarga diplomatnya keluar dari Ukraina.



Sumber : France24


BERITA LAINNYA



Close Ads x