Kompas TV regional berita daerah

Warga Serbu Minyak Goreng Murah di Makassar

Kompas.tv - 25 Januari 2022, 17:36 WIB
Penulis : KompasTV Makassar

MAKASSAR, KOMPAS.TV - Minyak goreng murah di serbu warga di kota makassar sulawesi selatan. Tidak butuh waktu lama minyak goreng murah yang dipajang di etalasi oleh karyawan ludes.

Sejak pemerintah menetapkan harga minyak goreng menjadi Rp14 ribu per liter, warga berbondong-bondong mendatangi swalayan di Kota Makassar. Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Makassar menyebut hal tersebut sebagai kegembiraan dan bukan Punic Buying.

Kepala Disperindag Makassar, Arlin mengatakan sejumlah swalayan di Kota Makassar sudah menerapkan satu harga minyak goreng yakni Rp14 ribu untuk semua merek sesuai dengan keputusan pemerintah. Ia mengaku sudah mengetahui dan melihat video di medsos warga yang ramai-ramai datang ke swalayan untuk memborong minyak goreng.

"Yang terjadi ramai-ramai kemarin itu masih berupa kegembiraan konsumen, bukan panic buying karena kan pembeliannya dibatasi dua pieces (pc). Tentu kita berharap warga tidak panic buying," kata Arlin

Untuk itu, Arlin meminta kepada warga untuk tidak khawatir ketersediaan stok minyak goreng. Ia mengaku stok minyak goreng di Kota Makassar masih cukup hingga enam bulan ke depan.

"Jadi kami menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak perlu khawatir. Karena stok bisa sampai enam bulan dan mudah-mudahan harga jual tetap stabil," tuturnya.

Arlin juga mengungkapkan banyak warga memilih membeli minyak goreng di swalayan, karena di pasar tradisional masih belum menerapkan harga Rp14 ribu. Ia berharap seluruh ritel dan pedagang di pasar tradisional mulai hari ini menerapkan harga Rp14 ribu/liter.

"Kalau tidak menerapkan harga Rp14 ribu, penjual pasti rugi karena tidak ada orang yang mau beli. Penjual atau pengecer yang belum menerapkan harga Rp14 ribu kemarin karena masih peralihan dan mudah-mudahan harga juga sudah turun," ucapnya.

Ia menambahkan sebelum ada kebijakan pemerintah pusat tersebut, harga minyak goreng di Makassar mencapai Rp21 ribu per liter. Sementara untuk minyak goreng curah dijual Rp18.600.

Sebelumnya diberitakan, Menteri Koordinator Perekonomian, Airlangga Hartarto mengatakan pemerintah sudah mengambil langkah untuk menstabilkan kembali harga minyak goreng. Salah satu cara dilakukan pemerintah yakni dengan melakukan operasi pasar di sejumlah daerah.

#hargaminyakgoreng
#hargaturun
#minyakgoreng



Sumber : Kompas TV Makassar

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.