Kompas TV internasional kompas dunia

Mobil Terbang Asal Slovakia Lolos Uji Kelayakan, Perakit Incar Produksi Massal

Selasa, 25 Januari 2022 | 17:07 WIB
mobil-terbang-asal-slovakia-lolos-uji-kelayakan-perakit-incar-produksi-massal
Prototipe mobil terbang dari Klein Vision. (Sumber: Dok. Klein Vision via BBC via Kompas.com)

Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Iman Firdaus

BRATISLAVA, KOMPAS.TV - Mobil terbang yang dikembangkan Klein Vision, AirCar,  dilaporkan lolos uji coba kelayakan terbang oleh Otoritas Transportasi Slovakia, Senin (24/1/2022). Usai mengantongi sertifikat kelayakan, pabrikan optimistis kendaraan itu akan bisad diproduksi secara massal.

Mobil terbang rakitan Klein Vision bisa digunakan sebagai kendaraan darat ataupun udara.

Mobil itu memerlukan waktu dua menit dan 15 detik untuk lepas landas dari darat menjadi kendaraan udara.

“Sertifikasi AirCar membuka pintu bagi produksi massal mobil terbang yang sangat efisien ini,” kata pembuat AirCar, Stefan Klein dikutip dari BBC.

“Ini adalah konfirmasi resmi dan final tentang kemampuan kami mengubah perjalanan berjarak-menengah untuk selamanya,” imbuhnya.

Mobil buatan Klein bisa melaju hingga 160 km/jam dan menyentuh ketinggian di atas 2.500 meter.

Baca Juga: Inovasi Mobil Terbang asal Jepang

Menurut Klein, proses sertifikasi melalui 70 jam uji coba terbang dan lebih dari 200 lepas landas serta pendaratan.

Secara teknis, mobil terbang ini telah diuji coba pada Juni 2021 lalu. Mobil Klein terbang selama 35 menit dari bandara di Nitra ke Bratislava, Slovakia.

Sementara itu, peneliti sistem avionik dan pesawat terbang asal Inggris Raya, Steve Wright menyambut baik sertifikasi AirCar.


Sumber : BBC

REKOMENDASI UNTUK ANDA

Powered by



BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:33
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19