Kompas TV video vod

38 Sketsa Lukisan Sultan Agung Karya S. Soedjojono Dipamerkan di Museum Tumurun

Kompas.tv - 25 Januari 2022, 15:05 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - 38 sketsa lukisan Sultan Agung karya bapak seni lukis Indonesia, Sindoesoedarsono Soedjojono dipamerkan di Tumurun Private Museum, Solo, Jawa Tengah.

Tak hanya pameran lokakarya juga digelar untuk menceritakan kepada generasi pelukis saat ini bagaimana memberi watak dan karakter dalam sebuah lukisan.

Bertempat di temurun Private Museum Solo, Jawa Tengah para pengunjung bisa menyaksikan 38 sketsa lukisan kisah perjuangan Sultan Agung karya S .Sudjojono.

Sebagai seorang pelukis, Sudjojono selalu melakukan riset dan pendalaman karakter. Seperti ketika ia membuat lukisan pertempuran Sultan Agung melawan JP Coen.

Baca Juga: Lukisan Mahakarya Sandro Botticelli 'Man of Sorrows' Masuk Lelang, Diperkirakan Laku 92 Juta Dolar

Untuk karyanya yang satu ini, Sudjojono melakukan riset di Indonesia serta Belanda.

Tak hanya pameran, lokakarya juga digelar hasil kerja sama Tumurun Private Museum, Kompas Gramedia dan Bentara Budaya.

Dalam lokakarya, pihak Bentara Budaya merasa perlu meningatkan kembali kepada para pelukis masa kini tentang pentingnya melakukan riset dalam pembuatan karya seni lukis.

Lewat pameran dan lokakarya ini, diharapkan para pelukis muda lebih bisa mengekspresikan karyanya dalam bentuk sketsa sebelum menuangkannya dalam media kanvas, sehingga bisa lahir Soedjojono Soedjojono berikutnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x