Kompas TV nasional peristiwa

Ridwan Kamil Targetkan Tol Cisumdawu Beroperasi Menyeluruh hingga Bandara Kertajati Juni

Kompas.tv - 25 Januari 2022, 12:39 WIB
ridwan-kamil-targetkan-tol-cisumdawu-beroperasi-menyeluruh-hingga-bandara-kertajati-juni
Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menargetkan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat dioperasikan secara menyeluruh pada Juni 2022. (Sumber: Kompas TV/Ant)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Iman Firdaus

BANDUNG, KOMPAS.TV - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menargetkan Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) dapat dioperasikan secara menyeluruh pada Juni 2022.

Sementara itu, terhitung hari ini, Selasa (25/1/2022) Jalan Tol Cisumdawu seksi satu sudah dioperasikan secara gratis selama dua minggu untuk masyarakat.

Lelaki yang biasa disapa Kang Emil ini menyebut Tol Cisumdawu dibangun guna menyambungkan antara jalan tol dari Bandung menuju Bandara Kertajati di Majalengka, Jawa Barat.

"Bulan Juni 2022 ini Insya Allah seluruhnya akan selesai sehingga bisa tembus sampai Bandara Kertajati. Aamiiin," kata Ridwan Kamil dalam akun media sosial pribadi, dikutip Selasa (25/1/2022).

Lebih lanjut, Kang Emil menyebut selama masa sosialisasi dan penggunaan gratis Jalan Tol Cisumdawu,  pihaknya meminta kepada masyarakat untuk ikut memberi evaluasi dan masukan. Adapun nantinya, evaluasi tersebut akan disampaikan kepada pengelola Jalan Tol Cisumdawu.

"Gratis selama 2 minggu ke depan. Dan meminta masyarakat untuk mengevaluasi," ujar Kang Emil.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Beroperasi Mulai Hari Ini, Gratis Selama 2 Minggu

Diberitakan sebelumnya, Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit menyatakan berdasarkan hasil uji coba Tol Seksi Cileunyi - Pamulihan dapat memangkas waktu tempuh Bandung - Cirebon, dari sebelumnya via Jalan Raya membutuhkan sekitar 60 menit, menjadi sekitar 15 menit.

"Dengan demikian, arus mobilisasi barang dan jasa menjadi lebih efisien sehingga industri dan pariwisata di wilayah sekitar dapat terus tumbuh," ucapnya.

Sementara itu, jalan tol Cisumdawu seksi satu memiliki rute mulai dari kawasan Cileunyi hingga Pamulihan, Kabupaten Sumedang, Jawa Barat. Panjang dari tol Cisumdawu seksi satu sendiri yaitu 11,45 km.

Menurut Danang, setelah digratiskan nantinya Jalan Tol Cisumdawu seksi satu ini dapat dilalui dengan kemungkinan tarif yang bakal berlaku sekitar Rp11 ribuan.

"Penarifan sudah diterapkan SK oleh Pak Menteri dan diterapkan seperti biasa kami akan meminta badan usaha untuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Tarifnya Rp1.000 per km," kata Danang dalam konferensi pers virtual, Senin (24/1/2022).

Jalan Tol Cisumdawu memiliki 6 seksi

Perlu diketahui, pembangunan Jalan Tol Cisumdawu terdiri dari 6 seksi yang dibangun dengan skema Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha (KPBU) dengan biaya konstruksi Rp5,5 triliun.

Dari keenam seksi, Seksi 1 Cileunyi-Pamulihan sepanjang 11,45 km dan Seksi 2 Pamulihan-Sumedang sepanjang 17,05 km dikerjakan oleh Pemerintah sebagai bagian dari viability gap fund (VGF) guna menaikkan kelayakan investasi tol tersebut. Saat ini progres fisik Seksi 2 mencapai 97 persen.

Kemudian Seksi 3-6 dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT) yakni PT. Citra Karya Jabar Tol (CKJT). Untuk Seksi 3 dari Sumedang ke Cimalaka sepanjang 4,05 km konstruksinya telah rampung 100 persen.

Kemudian pembangunan Seksi 4 Cimalaka - Legok sepanjang 8,20 km konstruksinya sudah 18,9 persen, dan seksi 5 Legok - Ujung Jaya sepanjang 14,9 km progres konstruksinya sebesar 37,3 persen. Sedangkan Seksi 6 Ujung Jaya-Dawuan progres konstruksinya sudah 86,5 persen.

Baca Juga: Luhut Targetkan Tol Cisumdawu Selesai Akhir Tahun 2021



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x