Kompas TV nasional berita utama

KSAD: Senin Pekan Depan, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak Dilantik sebagai Pangkostrad

Kompas.tv - 25 Januari 2022, 12:29 WIB
ksad-senin-pekan-depan-mayjen-tni-maruli-simanjuntak-dilantik-sebagai-pangkostrad
Kepala Staf TNI Angkatan Darat Jenderal Dudung Abdurachman (Sumber: Darwis Triadi)
Penulis : Ninuk Cucu Suwanti | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV- Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman mengatakan, Mayjen TNI Maruli Simanjuntak dilantik sebagai Pangkostrad Senin pekan depan (31/1/2022).

Keterangan itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Dudung Abdurachman seusai memimpin Apel Gelar Pasukan jajaran TNI AD wilayah Jabodetabek di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Selasa (25/1/2022).

“Pelantikan Pangkostrad akan dilakukan bersamaan dengan Pangdam IX/Udayana dan pangdam lainnya. Direncanakan pelantikannya pada hari Senin (31/1),” kata Jenderal Dudung Abdurachman.

Sebagai informasi, Pangdam yang akan dilantik bersamaan dengan pelantikan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad adalah Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen TNI I Nyoman Cantiasa yang menjabat Pangkogabwilhan III.

Baca Juga: Panglima TNI: Mayjen Maruli Simanjuntak Jadi Pangkostrad Berdasarkan Penilaian Profesional

Kemudian, Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Agus Subiyanto yang menjabat Wakasad, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo yang menjabat Dankodiklatad.

Sebelumnya, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa melakukan mutasi sebagaimana bunyi dalam keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI.

Dalam SK yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, tercatat 328 perwira tinggi TNI mendapatkan promosi jabatan dan 28 orang di antaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI.

Jenderal Andika juga sempat merespons perihal penunjukkan Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad yang disebut-sebut politis karena menantu dari Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Baca Juga: Anggota Komisi I DPR dari PDIP Bongkar Unsur Di Balik Dipilihnya Jenderal Maruli sebagai Pangkostrad

Dengan tegas, Panglima TNI Jenderal Andika menyatakan bahwa penunjukan Mayjen TNI Maruli Simanjutak sebagai Pangkostrad berdasarkan penilaian profesional sehingga layak menjabat posisi tersebut.

“Jadi, penunjukan Maruli benar-benar sesuai dengan penilaian secara profesional dan memang sangat pantas menjadi Pangkostrad,” kata Jenderal Andika.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.