Kompas TV nasional peristiwa

Ridwan Kamil: Masyarakat Sumedang Usul Jalan Tol Cisumdawu Diubah Nama Jadi 'Ali Sadikin'

Kompas.tv - 25 Januari 2022, 12:27 WIB
ridwan-kamil-masyarakat-sumedang-usul-jalan-tol-cisumdawu-diubah-nama-jadi-ali-sadikin
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (Sumber: Dok. Humas Pemprov Jabar)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

BANDUNG, KOMPAS.TV - Tol Cileunyi Sumedang Dawuan atau Tol Cisumdawu seksi 1 ruas Cileunyi-Pamulihan mulai beroperasi hari ini, Selasa (25/1/2022). Jalan tol ini akan memberikan solusi kemacetan yang biasa terjadi di kawasan Jatinangor-Tanjungsari-Pamulihan.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan akses tol tersebut akan digratiskan selama 2 minggu ke depan untuk masyarakat. Tak hanya itu, lelaki yang akrab disapa Kang Emil juga secara terbuka meminta masyarakat untuk mengevaluasi dan memberi masukan terkait jalan tol tersebut.

Kang Emil menyebut, ada satu masukan dari masyarakat Sumedang terkait penamaan jalan Tol Cisumdawu menjadi Jalan Tol Ali Sadikin.

Dalam akun media sosial pribadi Kang Emil yang dikutip Selasa (25/1/2022) tertulis mengenai adanya keinginan menamai jalan tol tersebut. 

"Ada aspirasi dari masyarakat Sumedang agar dinamai Jalan Tol Ali Sadikin, tokoh kebanggaan Jabar asal Sumedang yang pernah jadi Gubernur DKI Jakarta."

Akun Kang Emil itu juga berisi penjelasan mengenai jalan Tol Cisumdawu ini yang dianggap memberi kemudahan terhadap mahasiswa atau dosen di Jabar.

"Ada exit Jatinangor, sehingga bagi mahasiswa/dosen yang akan hilir mudik ke beragam kampus di sana, tentulah sangat dimudahkan.

Baca Juga: Tol Cisumdawu Beroperasi Mulai Hari Ini, Gratis Selama 2 Minggu

Sebelumnya, selama 2 minggu ke depan, Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 akan digratiskan untuk masyarakat, sekaligus sebagai sosialisasi. Setelahnya, pengendara yang melintasi tol tersebut akan dikenakan tarif.

Berikut adalah tarif Tol Cisumdawu Seksi 1 yang ditetapkan berdasarkan SK Menteri PUPR. Golongan I sebesar Rp 1.000 per kilometer, golongan II sebesar Rp 1.500 per kilometer, golongan III sebesar Rp 1.500 per kilometer.

Lalu, golongan IV sebesar Rp 2.000 per kilometer dan golongan V sebesar Rp 2.000 per kilometer.

Tol Cisumdawu Seksi 1 diresmikan pada Senin (24/1/2022) oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Ia berharap, selama 2 minggu awal operasional jalan tol ini secara gratis bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.

Tol Cisumdawu dibangun guna menyambungkan antara jalan tol dari Bandung menuju daerah Kertajati, Kabupaten Majalengka.

Pemerintah menargetkan seluruh ruas Jalan Tol Cisumdawu dapat dioperasikan Juni 2022.

"Bulan Juni 2022 ini Insya Allah seluruhnya akan selesai sehingga bisa tembus sampai Bandara Kertajati. Aamiiin." 

Baca Juga: Ridwan Kamil Sebut Jalan Tol Cisumdawu Seksi 1 Bisa Beroperasi Akhir Januari



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.