Kompas TV nasional peristiwa

Sidang Munarman, Saksi Seret Nama Rizieq Shihab hingga Ubah Tema Acara Demi Kelabui Polisi

Kompas.tv - 25 Januari 2022, 10:40 WIB
sidang-munarman-saksi-seret-nama-rizieq-shihab-hingga-ubah-tema-acara-demi-kelabui-polisi
Mantan Sekjen Front Pembela Islam (FPI) Munarman di kawasan Cikini, Jakarta Pusat, Senin (15/7/2019). (Sumber: Tribunnews.com/ Rizal Bomantama)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sidang lanjutan perkara dugaan tindak pidana terorisme dengan terdakwa Munarman kembali digelar Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Timur, Senin (24/1/2022).

Agenda sidang masih pemeriksaan saksi dari jaksa penuntut umum (JPU). Dalam sidang tersebut diketahui ada lima saksi yang hadir dengan saksi baru berinisial AM.

Saksi AM merupakan mantan laskar Front Pembela Islam (FPI) tergabung sebagai panitia dalam acara pembaiatan anggota kelompok teroris ISIS di Makassar pada 24-25 Januari 2015.

Dalam kesaksiannya, AM menyeret nama Rizieq Shihab terkait dengan acara pembaiatan anggota kelompok teroris ISIS di Makassar.

Melansir Kompas.com, AM menyebut, acara tersebut digelar lantaran terpantik dari ceramah yang disampaikan eks pemimpin Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab. Adapun Munarman, merupakan salah satu dari tiga pemateri yang hadir dalam acara tersebut.

"Ada tiga penceramah, kemudian ada baiat?" tanya majelis hakim kepada AM.

"Iya, Yang Mulia, yang mimpin baiat Ustaz Basri (tokoh ISIS di Indonesia) almarhum, Yang Mulia," jawab AM.

Hakim kemudian bertanya, apakah AM melihat Munarman berbaiat.

"Kalau melihat langsung tidak, karena yang ada di situ kita baiat massal, Yang Mulia," kata AM.

Baca Juga: Fakta-Fakta Sidang Kasus Terorisme Munarman, Hendak Diusir Acara Baiat ISIS di UIN Ciputat

JPU kemudian ikut bertanya soal apa yang mendasari adanya pembaiatan tersebut. AM mengungkapkan, awalnya ide itu tercetus saat perayaan ulang tahun FPI, 17 Agustus 2014. Berdasarkan penuturan AM, saat itu Rizieq berceramah tentang ISIS.

"Di situ diisi ceramah oleh imam besar kami Habib Rizieq, tentang ISIS, Yang Mulia. Jadi beliau sampaikan bahwa ISIS lahir karena kezaliman pemerintah," ujar AM.

"Jadi kami dari laskar (FPI) Makassar, karena beliau sebagai imam besar kami, kami mengikuti dari instruksi beliau dari ceramah tersebut, Yang Mulia," sambung AM.

Acara ganti tema untuk kelabui polisi

AM menyebutkan, acara pembaiatan anggota kelompok teroris ISIS di Makassar tersebut sempat berganti tema. Awalnya, acara tersebut diberi judul "Deklarasi ISIS". Namun, kemudian tema acara tersebut kemudian diubah demi mengelabui polisi.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x