Kompas TV internasional kompas dunia

Jelang Olimpiade Musim Dingin, China Melakukan Pengujian 2 Juta Warganya di Beijing

Selasa, 25 Januari 2022 | 08:04 WIB
jelang-olimpiade-musim-dingin-china-melakukan-pengujian-2-juta-warganya-di-beijing
Seorang petugas melakukan swab tes kepada seorang wanita di Beijing, China, Senin (24/1/2022). Menjelang Olimpiade Musim Dingin, China melakukan dua juta tes pada warganya. (Sumber: Associated Press)

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Purwanto

BEIJING, KOMPAS.TV — Kurang dari dua minggu sebelum pembukaan Olimpiade Musim Dingin, puluhan kasus COVID-19 di Beijing telah mendorong pihak berwenang untuk menguji jutaan orang di ibu kota China dan memperluas pengujian kepada semua orang yang membeli obat flu.

Langkah-langkah baru yang keras datang, bahkan ketika kota Xi'an telah mencabut lockdown pada hari Senin (24/1/2022). Lockdown yang dilakukan di Xi’an telah mengisolasi 13 juta warganya selama satu bulan.

Lebih dari 3.000 orang telah tiba untuk berpartisipasi dalam Olimpiade Musim Dingin sejak 4 Januari, termasuk lebih dari 300 atlet dan ofisial, ditambah media dan peserta lainnya. Sejauh ini, 78 orang dinyatakan positif, termasuk seorang atlet atau ofisial tim.

Baca Juga: Serangan Mendadak Terbesar 2022! 39 Pesawat Tempur Diterbangkan ke Taiwan, China Masih Bungkam

Mereka yang positif COVID-19 kemudian dikirim ke pusat isolasi atau rumah sakit, tergantung dari kondisi masing-masing.

Pejabat di Beijing melakukan pengujian terhadap 2 juta penduduk distrik Fengtai, di mana sebagian besar dari 40 kasus virus corona ditemukan di distrik tersebut.

Pihak berwenang Beijing juga telah mengumumkan bahwa siapa pun yang membeli obat demam, batuk, atau obat tertentu lainnya dalam dua minggu terakhir harus mengikuti tes COVID-19.

Tindakan pencegahan yang luas, meskipun jumlah kasus yang relatif rendah, menggambarkan keprihatinan pejabat pemerintah menjelang Olimpiade Musim Dingin, yang dibuka di Beijing pada 4 Februari mendatang.

“Situasi pencegahan epidemi saat ini masih suram dan rumit, dan semua departemen di seluruh kota harus bertindak secara proaktif dan cepat,” kata juru bicara kota Beijing Xu Hejian, seperti dikutip The Associated Press.

Baca Juga: Berbalas Larangan Terbang, AS Batalkan 44 Penerbangan Maskapai China

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
01:45
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19