Kompas TV internasional kompas dunia

Ketegangan Rusia-Ukraina Semakin Tinggi, AS Siagakan 8.500 Tentara

Selasa, 25 Januari 2022 | 05:49 WIB
ketegangan-rusia-ukraina-semakin-tinggi-as-siagakan-8-500-tentara
Juru Bicara Pentagon John Kirby dalam briefing di Pentagon, Senin, 24 Januari 2022. Amerika Serikat menyiagakan 8.500 tentara untuk dikerahkan ke Eropa, terkait ketegangan yang semakin meningkat antara Rusia dan Ukraina. (Sumber: Associated Press)

Penulis : Tussie Ayu | Editor : Desy Afrianti

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden memerintahkan Pentagon menyiagakan sekitar 8.500 tentara untuk ditempatkan di Eropa, di tengah ketegangan yang semakin tinggi antara Rusia dan Ukraina.

Pada Senin (24/1/2022), Sekretaris Pers Pentagon John Kirby mengatakan, belum ada keputusan akhir yang dibuat mengenai pengerahan pasukan. Menurutnya pengerahan pasukan hanya akan terjadi jika NATO memutuskan untuk mengaktifkan pasukan respons cepat, atau jika ada situasi lain yang berkembang. 

Baca Juga: Siap Hadapi Rusia, Jenderal Ukraina: Kami Akan Merobek Mereka dengan Tangan Kosong

“Ini tentang jaminan bagi sekutu NATO kami,” kata Kirby seperti dikutip dari The Associated Press

Kirby mengatakan Menteri Pertahanan AS Lloyd Austin merekomendasikan kepada Biden, bahwa dibutuhkan sekitar 8.500 tentara yang disiagakan untuk kemungkinan ditempatkan di Eropa. Hal ini dilakukan mengingat bahwa Presiden Rusia Vladimir Putin tidak mengurangi tekanan militernya di Ukraina. 

"Kami selalu mengatakan kami akan memperkuat sekutu kami di sisi timur, dan percakapan serta diskusi itu tentu saja telah menjadi bagian dari apa yang telah didiskusikan oleh pejabat keamanan nasional kami dengan rekan-rekan mereka selama beberapa minggu terakhir ini," kata sekretaris pers Gedung Putih Jen Psaki. 

Kemudian pada Senin, Biden mengadakan hubungan video dengan beberapa pemimpin Eropa tentang pembangunan militer Rusia dan tanggapan potensial terhadap invasi.

Baca Juga: Inggris Ternyata Tetap Tak Akan Kirim Pasukan jika Rusia Menyerang, Padahal Mengaku Dukung Ukraina

Kirby mengatakan Austin mengantisipasi potensi NATO untuk mengaktifkan NATO Response Force, yaitu pasukan multinasional yang berjumlah sekitar 40.000 tentara. Sebagian besar dari 8.500 tentara AS yang disiagakan akan dikirim sebagai bagian dari pasukan respons itu. Dia menambahkan bahwa pasukan AS yang kini sudah berbasis di Eropa dapat digeser ke timur sebagai bala bantuan lebih lanjut.

Sebagai contoh kesiapan pasukan AS, Kirby mengatakan bahwa saat ini pasukan AS sudah harus siap jika harus dipindahkan dengan pemberitahuan 10 hari sebelumnya. Selanjutnya pasukannya akan diminta untuk siap dipindahkan hanya dalam pemberitahuan 5 hari sebelumnya.

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
23:54
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19