Kompas TV nasional peristiwa

85 Juta Pekerjaan Lama Disebut akan Hilang, Masyarakat Diminta Tingkatkan Keterampilan Digital

Selasa, 25 Januari 2022 | 06:10 WIB
85-juta-pekerjaan-lama-disebut-akan-hilang-masyarakat-diminta-tingkatkan-keterampilan-digital
Ilustrasi transformasi digital untuk pemulihan ekonomi. (Sumber: Pixabay)

Penulis : Tito Dirhantoro

JAKARTA, KOMPAS.TV - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate menyebut sejumlah pekerjaan lama yang saat ini ada kemungkinan akan hilang seiring perkembangan teknologi.

Karena itu, dirinya mendorong masyarakat terus meningkatkan kualitas di bidang digital. Hal ini dirasa perlu seiring proyeksi jumlah dan jenis pekerjaan baru akibat adopsi teknologi tersebut.

Baca Juga: Presiden Jokowi Resmikan Pembangunan Pabrik Smelter, Proyek yang Menyerap 16.000 Tenaga Kerja

“Diproyeksikan akan terdapat 85 juta pekerjaan lama yang mungkin hilang dan 97 juta pekerjaan baru yang mungkin muncul, ini akibat pembagian kerja antara manusia, mesin, dan algoritma. Hal tersebut menuntut peningkatan keterampilan bidang digital dan soft skills,” katanya melalui keterangan resmi yang dikutip pada Senin (24/1/2022).

Johnny menjelaskan, berdasarkan laporan dari The Future of Jobs dari World Economic Forum, pada 2025 disebut akan ada 43 persen pelaku industri yang melakukan pengurangan jumlah tenaga kerja sebagai konsekuensi dari penerapan integrasi teknologi.

Karenanya, menurut dia, peningkatan keterampilan digital dan soft skills diperlukan karean selaras dengan perkembangan teknologi untuk tenaga kerja, khususnya generasi muda.

Baca Juga: Catatan Komnas HAM, Pembajakan Digital Modus Terbanyak untuk Menghalangi Kebebasan Berpendapat

Johnny menyebutkan, jenis pekerjaan baru yang muncul dan akan semakin meningkat di antaranya data analyst dan scientist, big data specialist, artificial intelligence and machine learning specialist, digital marketing and strategy specialist.

Selain itu, ada pula beberapa jenis pekerjaan lain yang akan berkembang seperti renewable energy engineers, process automation specialist, internet of things specialist, digital transformation specialist, business services and administration managers; dan business development professionals.

Saat ini, Johnny menuturkan, pemerintah terus mendorong sektor privat atau perusahaan swasta di Indonesia dari berbagai bidang untuk pemenuhan kebutuhan SDM yang sesuai dengan kebutuhan di masa depan.

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
17:17
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19