Kompas TV nasional politik

Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Pastikan Penanganan Masalah di Papua Sama dengan Daerah Lain

Kompas.tv - 24 Januari 2022, 19:53 WIB
panglima-tni-jenderal-andika-perkasa-pastikan-penanganan-masalah-di-papua-sama-dengan-daerah-lain
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menegaskan, penanganan masalah di Papua akan berjalan sama seperti di provinsi yang lain. (Sumber: Kompastv/Ant)
Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menekankan, pihaknya akan menangani persoalan di Papua seperti halnya dengan provinsi yang lain.

"Saya ingin penanganan (masalah) di Papua sama dengan penanganan di provinsi lain," kata Andika dalam konferensi pers, Senin (24/1/2022).

Meskipun, terdapat berbagai perbedaan hal mendasari munculnya persoalan di setiap provinsi, Andika yakin bahwa seluruh jajarannya tetap dapat menghadapi itu.

"(Terlebih) dengan mengembalikan penanganan massal secara militer lewat kegiatan-kegiatan oleh satuan organik (TNI)," terang Andika.

Baca Juga: Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa Ganti 5 Pangdam, Mayjen Agus Subianto Ditunjuk Jadi Wakasad

Menurut Andika, TNI telah memiliki satuan yang utuh di Papua selayaknya daerah-daerah lain. Mulai dari Satuan Teritorial, Kodam, Korem, Kodim, hingga Koramil, serta ada pula batalyon tempur.

Namun, Andika mengingatkan, adanya strategi penanganan tersebut lantas tidak menjamin persoalan di Papua dapat tuntas seluruhnya, bahkan daerah-daerah lain juga demikian.

"Ya, karena memang menyeragamkan pikiran banyak orang (sebagai pokok masalah) itu kan sesuatu yang hampir tidak mungkin," ujar Andika.

"Jadi, sama seperti halnya di provinsi lain, perbedaan pendapat entah kecil atau besar (di Papua), menurut saya itu sesuatu yang sangat manusiawi (akan selalu ada)," tandasnya.

Baca Juga: Lima Nama Pangdam Baru yang Resmi Ditunjuk Panglima TNI Andika Perkasa

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x