Kompas TV olahraga kompas sport

Piala Afrika 2021: Akibat Cedera dan Covid-19, Komoro Lakoni 16 Besar tanpa Kiper Sungguhan

Kompas.tv - 24 Januari 2022, 16:53 WIB
piala-afrika-2021-akibat-cedera-dan-covid-19-komoro-lakoni-16-besar-tanpa-kiper-sungguhan
Kiper Komoro, Salim Ben Boina, usai laga kontra Maroko pada 14 Januari 2022. Ben Boina dan dua kiper lain tak bisa tampil di partai 16 Besar Piala Afrika 2021 lawan Kamerun. Hasilnya, Komoro akan tampil tanpa kiper sungguhan. (Sumber: Themba Hadebe/Associated Press)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Edy A. Putra

YAOUNDE, KOMPAS.TV - Kepulauan Komoro akan melakoni partai 16 Besar Piala Afrika 2021 tanpa kiper asli. Hal tersebut karena ketiga kiper Komoro yang dibawa ke Kamerun tidak bisa tampil.

Kiper utama Les Coelecantes, Salim Ben Boina, cedera saat menghadapi Ghana, 19 Januari lalu. Sedangkan dua deputi Ben Boina, Ali Ahamada dan Moyadh Ousseini, positif Covid-19.

Ketiadaan kiper merupakan kerugian besar bagi Komoro. Terlebih lagi, pada babak 16 Besar, mereka mesti menghadapi tuan rumah Kamerun, Senin (24/1/2022).

Komoro sendiri sejauh ini sukses membuat kejutan. Tampil sebagai debutan Piala Afrika, Faiz Selemani dan kawan-kawan sukses lolos ke fase gugur sebagai peringkat tiga terbaik dari Grup C.

Baca Juga: Piala Afrika 2021: Juara Bertahan Aljazair Tersingkir di Penyisihan Grup

Kendati sempat kalah dari Maroko dan Gabon, Komoro secara mengejutkan menjungkalkan Ghana 2-3 pada pertandingan terakhir.

Berhubung tiadanya kiper asli jelang partai lawan Kamerun, Komoro mengonfirmasi akan menurunkan satu pemain non-kiper sebagai penjaga gawang.

“Kami telah memilih seorang pemain yang akan bertanding sebagai seorang kiper,” kata pelatih kiper Komoro, Jean-Daniel Padovani, dikutip BBC.

“Dia adalah seorang pemain yang, ketika latihan, menunjukkan bahwa dia bisa juga bermain menjadi kiper,” imbuhnya.

Komoro sendiri hanya memiliki 12 pemain yang bisa ditampilkan lawan Kamerun. Sisanya cedera dan positif Covid-19.

Regulasi Piala Afrika 2021 menyatakan, jika satu tim memiliki 11 pemain, mereka wajib bertanding. Jika tak memiliki kiper, maka satu pemain wajib diturunkan untuk menjaga gawang.

Baca Juga: Piala Asia Wanita 2022: Ada 12 Pemain Positif Covid-19, Tuan Rumah India Tersingkir


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.