Kompas TV regional berita daerah

30.000 Dosis Vaksin di Sulteng Terancam Kadaluwarsa

Kompas.tv - 24 Januari 2022, 16:10 WIB
Penulis : KompasTV Palu

PALU, KOMPAS.TV - Sekitar 30.000 dosis vaksin Astrazaneca di Sulawesi Tengah terancam kadaluwarsa pada akhir bulan januari ini. Waktu yang singkat dan lebihnya dosis yang dikirim menjadi alasan terancam kadaluwarsa.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah Dokter Jumriani membenarkan ada sekitar tiga puluh ribu dosis vaksin jenis Astrazaneca yang terancam kadaluwarsa. Menurutnya waktu penerimaan dengan waktu kadaluwarsa sangat singkat.

Sulawesi tengah menerima seratus dua puluhan dosis pada awal januari, sementara yang terpakai sudah sekitar sembilan puluh ribu dosis dan waktu kadaluwarsanya diketahui pada akhir bulan januari 2022 ini.

Untuk mencegah kadalawursa, pihak dinas kesehatan Provinsi berkoordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota dan Kabupaten untuk menggunakan sebagai vaksin boster, langkah itu sudah dimulai sejak tanggal delapan belas januari.

Menurut data Dinas Kesehatan Provinsi Sulawesi Tengah, capaian vaksin di Sulawesi Tengah rata-rata telah menapai hampir tujuh puluh persen, masih ada beberapa daerah yang masih di bawah enam puluh persen. Pelaksanaan vaksin anak  lansia dan umum masih sementara dilakukan.

#Vaksin #Covid19 #Kadaluwarsa 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x