Kompas TV regional berita daerah

Bedah Buku Panglima Damai Poso

Kompas.tv - 24 Januari 2022, 16:07 WIB
Penulis : KompasTV Palu

POSO, KOMPAS.TV - Salah satu tokoh perdamaian di Poso Sulawesi Tengah benama lengkap Mohammad  Adnan Arsal atau lebih akrab disapa Ustad Adnan Arsal menerbitkan buku yang di tulis oleh Khoirul Anam. Khoirul Anam dari Gramedia dalam karya tulisnya di buku itu menceritakan tentang upaya perdamian Poso dengan latar cerita biografi dari Mohammad Adnan Arsal.

Panglima Damai Poso menjadi judul buku yang menampilkan salah satu tokoh agama yang menjadi agen perdamaian dari konflik Poso pecah sejak tahun 1998 silam. Selain dikenal sebagai tokoh atau Panglima Damai seperti judul dalam buku itu, nama ustad adnan arsal juga dikenal masyarakat Poso sebagai pendiri dari sejumlah yayasan pondok pesantren di Poso.

Buku yang dicetak oleh Gramedia sebanyak 266 halaman ini ditulis oleh Khoirul Anam dalam waktu selama satu tahun dari 2020 hingga 2021. Didalam buku tersebut secara jelas  mengupas tuntas tentang perjalanan  sosok tokoh Ustad Adnan Arsal mulai saat situasi konflik Poso pecah hingga menuju situasi aman dan damai.

Di poso, Adnan Arsal merupakan salah satu tokoh agama dan pendiri beberapa yayasan pondok pesantren yang tersebar di Poso. Dalam acara bedah buku dan sekaligus diskusi selain menghadirkan Ustad Adnan Arsal dan Khoirul Anam, juga dihadiri langsung Wakil Bupati Poso, Moh.Yasin Mangun, unsur muspida, tokoh lintas agama, tokoh perempuan dan para tokoh masyarakat.

Harus menghadapi beberapa situasi yang tidak nyaman sehingga harus memakan waktu sekitar satu tahun, dan pada tahun 2021 tulisan dalam buku Panglima Damai Poso pun selesai dan telah diedarkan di Gramedia.

# PenglimaDamaiPoso # UstadAdnanArsal #GramediaPalu 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x