Kompas TV regional berita daerah

Pelebon Raja Pemecutan XI

Kompas.tv - 24 Januari 2022, 15:23 WIB
Penulis : KompasTV Dewata

DENPASAR, KOMPAS TV - Ribuan warga mengikuti pelaksanaan pelebon raja pamecutan sebelas, Jumat siang. Mengantisipasi penularan Covid-19 dan varian baru Omicron, seluruh peserta menjalani uji swab antigen di puri pamecutan.

Ribuan warga mengikuti prosesi pelebon atau ngaben Raja puri pemecutan sebelas pada Jumat siang di puri agung pemecutan Denpasar.

Dalam puncak upacara pelebon ini kerumunan massa pun tak terhindarkan. Sejak pagi hingga siang warga berdatangan dan memadati areal puri pemecutan. Mereka adalah keluarga besar dan warga desa adat setempat yang ngayah atau bergotong royong dalam prosesi pelebon yang persiapannya sudah dilakukan dalam satu bulan terakhir.

Menjelang puncak acara, seluruh peserta dilakukan swab antigen sebagai syarat protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19 dan varian baru Omicron, terutama yang bertugas membawa bade setinggi delapan belas meter dengan berat sekitar dua ton.

Selain swab antigen, dalam penerapan protokol kesehatan jumlah warga yang akan membawa bade juga dikurangi. Bade seberat sekitar dua ton biasanya diarak oleh 150 orang pria, kini hanya diarak oleh 50 orang saja, dengan menggunakan roda di bagian bawah bade.

 

 

 

 

#Covid19 #RajaPemecutan #PuriPemecutan



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x