Kompas TV regional berita daerah

Geliat Barongsai dan Liong Jelang Imlek

Kompas.tv - 24 Januari 2022, 13:22 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

SEMARANG, KOMPAS.TV - Sempat sepi pesanan dan masih di masa pandemi, pembuatan barongsai dan liong tahun ini justru mulai menggeliat.Bahkan menjelang perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh 2022 pesanan barongsai dan liong naik hingga 60 persen.

Hal tersebut dikatakan oleh perajin usaha pembuatan barongsai dan liong Elang Terbang dari Timur di Kota Semarang. Di awal Januari tahun ini, delapan pesanan barongsai dan empat pesanan liong sudah dikerjakan. Pesanan barongsai dan liong ini dikirim di Kota Semarang dan kota lain seperti Solo, Yogyakarta, Sukabumi, Malang, Medan dan Makassar. Untuk harga barongsai dibandrol Rp 5 juta hingga Rp 8 juta, sedangkan harga liong dibandrol Rp 7 juta hingga Rp 10 juta.

"Pesanan tahun ini lumayan, ada kenaikan 60 persen dibandingkan dua tahun yang lalu. Dua tahun yang lalu 70 persen benar-benar turunnya dratis sekali," kata Ella, perajin barongsai dan liong.

Menjelang Imlek dan Cap Go Meh setiap hari perajin barongsai dan liong disibukkan dengan memenuhi permintaan pelanggan. Mulai dari membentuk rupa hinga menjadi kerangka kepala barongsai dan liong dari bahan dasar rotan, bambu dan kawat yang dilapisi dengan kertas hvs dan kain kassa. Kemudian bagian kepala barongsai digambar hingga menyerupai macan. Untuk liong maka digambar menyerupai naga.

Generasi kedua perajin barongsai dan liong “Elang Terbang dari Timur” yang bertempat di Jalan Hiri Gang 3 Nomor 6 Kota Semarang ini berharap pandemi segera usai agar dapat menerima pesanan lagi dan penampilan barongsai serta liong bisa dipertunjukkan lagi kepada masyarakat.

#tahunbaruimlek #barongsai #semarang

  



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x