Kompas TV regional berita daerah

Inovatif, Warga Kudus Membuat Alat Fogging Mini

Kompas.tv - 24 Januari 2022, 11:51 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KUDUS, KOMPAS.TV - Dengan memanfaatkan peralatan yang cukup sederhana Heru Rusiyanto, seorang mantan sopir warga Desa Undaan Lor, Kecamatan Undaan, Kudus, Jawa Tengah memiliki aktivitas baru setelah tidak bekerja lagi menjadi sopir truk. Berangkat dari pengalamannya yang kerap terganggu dengan banyaknya nyamuk di musim penghujan seperti sekarang ini, Heru berinisiatif untuk membuat alat fogging mini yang bisa digunakan sehari-hari.

Untuk membuat fogging mini heru menggunakan bahan yang mudah didapat, seperti sprayer, pipa besi ukuran kecil yang dililit menjadi koil berbentuk sepiral, pematik api dan gas kaleng. Langkah pertama yang dilakukan adalah melilit pipa besi ukuran kecil menjadi koil yang berbentuk spiral. Rangka ini nantinya yang digunakan untuk merubah cairan menjadi uap.

Untuk menaruh cairan obat dan menciptakan tekanan udara, Heru memanfaatkan sprayer yang biasa digunakan untuk memandikan burung. Sementara untuk proses membakarnnya ia menggunakan pematik api dan gas kaleng yang saat ini mudah didapat.

Sejak musim penghujan permintaan fogging mini buatan Heru naik menjadi 100 persen, jika pada hari biasa ia bisa menjual 100 unit. Saat musim penghujan seperti sekarang ini ia bisa menjual lebih dari 200 unit dalam satu bulan.

Satu unit fogging mini karya Heru ini dijual dengah harga Rp 260 ribu. Dan saat ini sudah banyak dipesan hampir diseluruh wilayah di Indonesia mulai dari Sumatera hingga Papua.

#foggingmini #kudus #musimpenghujan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x