Kompas TV nasional budaya

Kisah Tionghoa Pasar Baru tentang Imlek di Jakarta Awal Abad 20

Senin, 24 Januari 2022 | 11:05 WIB
kisah-tionghoa-pasar-baru-tentang-imlek-di-jakarta-awal-abad-20
Suasana pecinan Pancoran, Jakarta tempo dulu (Sumber: Kompas.com)
 

Penulis : Hasya Nindita | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Tio Tek Hong adalah warga Pasar Baru, yang mengisahkan kehidupan kota kelahirannya, Jakarta, pada pertengahangan tahun 1900-an. 

Kisah itu dibukukan dengan judul Riwayah Hidup Saja dan Keadaan Djakarta dari tahun 1882 sampai Sekarang: Tio Tek Hong, 1959.

Nukilah buku tersebut kemudian diterbitkan Majalah Intisari tahun 1987, berkisah kehidupan warga Batavia (Jakarta) sejak peristiwa meletusnya Gunung Krakatau hingga tahun 1950-an. Salah satu yang menarik adalah peristiwa sincia atau imlek hingga capgome, yang melukiskan kemeriahan perayaan tahun baru Cina tersebut. Begini penuturannya:

Baca Juga: Jelang Imlek 2537, Warga Tionghoa Di Makassar Cuci patung Dewa

Saya lahir di sebuah rumah di tepi Jl. Raya Pasar Baru di Batavia pada tanggal 7 Januari 1877 Ketika itu pasar baru sudah merupakan daerah pertokoan, tetapi keadannya masih lengang.

Meski demikian, tepi jalannya ditumbuhi pohon asam yang rindang. Rumah bertingkat belum ada, begitu pun pedagang kaki lima.

Setiap tahun menjelang tahun baru Cina (sincia), para nyonya rumah sibuk membersihkan tempat tinggal mereka. Pintu dan jendela dicat, dinding dikapur. 

Semasa saya masih kecil, bibi saya repot menyuruh pelayan menumbuk bahan-bahan untuk membuat kue satu. Kue satu itu dicetak di cetakan kayu. Kue yang kebetulan tercetak kurang bagus diberikan kepada saya dan adik-adik, sehingga kami selalu berdiri dekat para bibi.

Mereka juga membuat pelbagai macam manisan. Kami, anak-anak, mendapat baju dan celana dari sutera, yang disebut pangsi.

Kakak saya membeli petasan untuk dibakar pada malam dan hari tahun baru. Besarlah kegembiraan hati anak-anak pada masa tahun yang berlangsung lima belas hari itu.

Halaman Selanjutnya

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:04
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19