Kompas TV internasional kompas dunia

Meriam Air dan Gas Air Mata Warnai Demonstrasi COVID-19 di Eropa

Kompas.tv - 24 Januari 2022, 09:13 WIB
meriam-air-dan-gas-air-mata-warnai-demonstrasi-covid-19-di-eropa
Polisi menghalau pengunjuk rasa dengan meriam air di Brussel, Belgia, Minggu, 23 Januari 2022. (Sumber: Associated Press)
Penulis : Tussie Ayu | Editor : Purwanto

BRUSSELS, KOMPAS.TV - Polisi menembakkan meriam air dan awan tebal gas air mata untuk membubarkan orang-orang yang memprotes vaksinasi COVID-19 dan pembatasan pemerintah yang bertujuan untuk mencegah penyebaran varian omicron di Brussel, Belgia, Minggu (23/1/2022).

Polisi mengatakan protes di ibu kota Belgia itu melibatkan sekitar 50.000 orang. Beberapa orang dari Prancis, Jerman dan negara-negara lain juga ikut ambil bagian dalam demonstrasi ini. Para pengunjuk rasa berteriak "Kebebasan!" saat mereka berbaris. Beberapa orang juga terlihat melakukan konfrontasi kekerasan dengan polisi. 

Video menunjukkan pengunjuk rasa berpakaian hitam menyerang sebuah gedung yang digunakan oleh layanan diplomatik Uni Eropa, melemparkan proyektil ke pintu masuknya dan menghancurkan jendela.

Baca Juga: Rusia Kukuh Menuntut Pelarangan Perluasan NATO ke Eropa Timur dan Bekas Uni Soviet

Di Brussel, petugas polisi anti huru hara berhelm putih berulang kali mendakwa setelah pengunjuk rasa yang mengabaikan instruksi untuk bubar. Truk meriam air polisi menembakkan jet yang kuat dan jalur gas yang meliuk-liuk memenuhi udara.

Seorang pemimpin protes yang menyiarkan melalui pengeras suara berteriak, “Ayo! Jangan biarkan mereka merampas hakmu!” ketika petugas polisi berhadapan dengan demonstran yang melemparkan proyektil. 

“Pergi ke neraka!” teriak seorang pengunjuk rasa yang mengenakan helm ksatria palsu dengan quiff warna-warni.

Polisi Brussel mengatakan 70 orang ditahan dan tiga petugas serta 12 demonstran membutuhkan perawatan di rumah sakit.

Baca Juga: Pelaku Industri Kreatif di Belgia Demo Kebijakan Pemerintah yang Tutup Tempat Hiburan Karena Omicron

Beberapa pengunjuk rasa menyerang tim video yang meliput pawai untuk The Associated Press. Mereka mendorong dan mengancam para jurnalis dan merusak peralatan video mereka. Seorang pengunjuk rasa bahkan menendang salah satu wartawan dan yang lain mencoba meninjunya.

Hampir 77% populasi Belgia telah divaksinasi penuh, dan 53% telah mendapatkan dosis booster, menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Eropa. Belgia telah mencatat lebih dari 28.700 kematian akibat virus secara keseluruhan.

Protes juga terjadi di ibu kota Eropa lainnya pada hari Sabtu, untuk menentang paspor vaksin dan persyaratan lain yang telah diberlakukan oleh pemerintah Eropa. Infeksi harian dan rawat inap pun meningkat karena varian omicron.

Di pusat kota Barcelona, Spanyol, para pengunjuk rasa mengenakan kostum dan melambaikan spanduk bertuliskan "Ini bukan pandemi, ini kediktatoran," saat mereka berbaris menentang pembatasan yang diberlakukan oleh otoritas nasional dan regional untuk mengekang lonjakan kasus COVID-19 yang dipicu oleh varian omicron .

Baca Juga: Kapal Dengar Teriakan Minta Tolong pada Malam Hari di Laut Spanyol, Ternyata Kecelakaan Kapal Migran

Para peserta demonstrasi adalah orang-orang yang menolak vaksin dan mereka yang menyangkal keberadaan virus. Polisi mengatakan sekitar 1.100 orang hadir dalam demonstrasi tersebut.

Spanyol, negara berpenduduk 47 juta, telah secara resmi mencatat lebih dari 9 juta kasus virus corona, meskipun jumlah sebenarnya diyakini jauh lebih tinggi. Hampir 92.000 pasien COVID-19. Dengan lebih dari 80% penduduk Spanyol divaksinasi, para ahli menyebut vaksin telah menyelamatkan ribuan nyawa dan mencegah keruntuhan sistem kesehatan masyarakat. 



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x