Kompas TV internasional kompas dunia

Demam NFT, Dokter Bedah Paris Jual Foto Sinar X Pasien Korban Tembak Aksi Teror

Senin, 24 Januari 2022 | 05:05 WIB
demam-nft-dokter-bedah-paris-jual-foto-sinar-x-pasien-korban-tembak-aksi-teror
Ahli bedah ortopedi Emmanuel Masmejean, yang berpraktik di rumah sakit umum Georges Pompidou di barat daya Paris, pertama kali dilaporkan oleh situs Mediapart hari Sabtu (22/1/2022) karena terpantau menjual foto sinar-X sebagai karya seni digital NFT, tanpa izin pasien. (Sumber: France24)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

PARIS, KOMPAS.TV - Seorang ahli bedah senior Prancis kini harus berhadapan dengan hukum dan kemungkinan tuntutan disipliner kedokteran setelah mencoba menjual sebagai NFT, foto sinar X hasil rontgen seorang penonton konser yang tertembak dalam serangan tahun 2015 di aula musik Bataclan di Paris.

Ahli bedah ortopedi Emmanuel Masmejean, yang berpraktik di rumah sakit umum Georges Pompidou di barat daya Paris, pertama kali dilaporkan oleh situs Mediapart hari Sabtu (22/1/2022) karena terpantau menjual foto sinar-X sebagai karya seni digital NFT, tanpa izin pasien.

Foto rontgen sinar X itu tersebut menunjukkan lengan bawah yang berisi peluru Kalashnikov dan dijual sebagai NFT seharga USD2,776 di situs OpenSea, yang mengkhususkan diri pada apa yang disebut sebagai gambar digital NFT.

Kepala rumah sakit umum Paris Dr Martin Hirsch, menulis di Twitter pada hari Sabtu, membenarkan bahwa tuntutan pidana dan profesional akan diajukan terhadap ahli bedah tersebut atas tindakan yang memalukan dan dianggap sebagai sebuah skandal.

"Tindakan ini bertentangan dengan praktik profesional yang sehat, membahayakan kerahasiaan medis, dan bertentangan dengan nilai-nilai AP-HP (rumah sakit Paris) serta layanan publik," tulis Dr Hirsch dalam pesan yang dikirim ke staf, yang dia bagikan di Twitter, seperti dilansir Straits Times, Minggu (23/1/2022).

Saat dimintai komentar oleh Mediapart, Dr Masmejean mengakui penjualan itu sebuah kesalahan dan mengatakan dia menyesal tidak meminta izin dari pasien.

Pasien yang menjadi obyek Sinar X itu tidak diidentifikasi, tetapi digambarkan sebagai seorang perempuan muda yang pacarnya tewas dalam serangan teroris di Bataclan, yang merupakan bagian dari gelombang penembakan dan serangan bom di ibu kota Prancis oleh kelompok bersenjata ISIS yang merenggut 130 nyawa.

Menurut deskripsi Dr Masmejean di OpenSea, pasien mengalami patah tulang lengan kiri bawah dengan peluru yang tersisa di jaringan lunak.

Baca Juga: Neymar Beli NFT di OpenSea Seharga Rp15 Milyar!

Ilustrasi aset kripto, Non Fungible Token (NFT). Ahli bedah ortopedi Emmanuel Masmejean, yang berpraktik di rumah sakit umum Georges Pompidou di barat daya Paris, pertama kali dilaporkan oleh situs Mediapart hari Sabtu (22/1/2022) karena terpantau menjual foto sinar-X sebagai karya seni digital NFT seharga USD2.776 di situs OpenSea, tanpa izin pasien. (Sumber: Pixabay)

Emmanuel Masmejean adalah ahli bedah berpengalaman, sekaligus seorang profesor bedah dan spesialis dalam mengobati cedera lengan. Dalam keterangan di OpenSea, dia menulis bahwa ia secara pribadi telah mengoperasi lima korban perempuan dalam serangan teroris di Bataclan, Paris.

Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
21:47
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19