Kompas TV nasional sosok

Sosok Megawati dalam Kacamata 3 Sekjen PDIP: Teguh dan Selalu Taat Konstitusi

Minggu, 23 Januari 2022 | 22:38 WIB
sosok-megawati-dalam-kacamata-3-sekjen-pdip-teguh-dan-selalu-taat-konstitusi
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri dalam kacamata tiga tokoh yang masih atau pun pernah menjabat sebagai sekjen partainya. (Sumber: KOMPAS.com/RODERICK ADRIAN MOZES)

Penulis : Aryo Sumbogo | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dikenal sebagai sosok yang berpendirian teguh dan taat dengan konstitusi oleh tiga sekretaris jenderal (sekjen) partainya.

Ketiga Sekjen PDIP tersebut, baik yang masih menjabat maupun sudah purnatugas, adalah Pramono Anung, Tjahjo Kumolo, dan Hasto Kristiyanto.

Pandangan tentang Presiden Kelima RI itu, disampaikan oleh ketiganya dalam webinar HUT ke-75 Megawati yang tayang di kanal YoutTube PDIP, Minggu (23/1/2022).

Baca Juga: Semasa Muda Megawati Soekarnoputri Jago Main Bola dan Berorganisasi, Ini Kisahnya dari sang Kakak

Pramono Anung: Bu Mega selalu mengajarkan taat konstitusi

Pertama, yang mengutarakan pandangannya mengenai Megawatai adalah Menteri Sekretaris Kabinet sekaligus mantan Sekjen PDIP Pramono Anung.

"Di luar kekuasaan atau di dalam kekuasaan, Bu Mega itu selalu mengajarkan taat terhadap konstitusi," ungkap Pramono.

Dalam memori Pramono, masih tersimpan dengan jelas momen saat Megawati bersikap tegas kepada anggota DPR RI Fraksi PDIP yang menginterupsi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Menurut Pramono, sikap tegas Megawati terhadap kadernya tersebut telah menunjukkan ketaatannya kepada pemerintah, mengingat Presiden SBY kala itu tengah menyampaikan pidato nota keuangan di Sidang Paripurna 17 Agustus sekitar 2005 atau 2006.

Baca Juga: Megawati Disebut Pernah Ultimatum akan Pecat Kader yang Hendak Interupsi SBY di Sidang Tahunan

"Siapa pun yang melakukan interupsi kepada presiden, saya akan pecat pada saat itu juga," ucap Pramono menirukan pernyataan dari Megawati.

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
22:12
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19