Kompas TV video sinau

Dear Ortu, Catat Hal-hal Ini Sebelum Mengajak Bayi Naik Pesawat

Kamis, 27 Januari 2022 | 09:00 WIB

Penulis : Gempita Surya

KOMPAS.TV - Bepergian menggunakan pesawat terbang dengan mengajak bayi bukan hal yang mudah. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum penerbangan, seperti usia dan kondisi bayi.

Lalu, sebenarnya kapan saat yang tepat untuk mengajak bayi naik pesawat?

Dilansir dari National Health Service, bepergian menggunakan pesawat tergolong aman bila bayi dalam kondisi sehat. Namun sangat tidak disarankan membawa bayi yang usianya masih di bawah 48 jam.

Hal ini dikarenakan bayi baru lahir belum memiliki sistem kekebalan tubuh yang optimal, sehingga rentan terhadap penularan penyakit.

Melansir situs resmi Winchester Hospital, umumnya dokter memperbolehkan orangtua membawa si kecil naik pesawat ketika berusia 3 bulan.

Baca Juga: Bolehkah Imunisasi Vaksin DPT dan PCV untuk Bayi Dilakukan Bersamaan?

Selain usia bayi, faktor lain yang perlu dipertimbangkan dalam mengajak si kecil naik pesawat terbang yaitu perubahan tekanan udara selama penerbangan yang bisa memicu sakit pada bagian telinga.

Namun, seperti dikutip dari Mayo Clinic, hal ini bisa diredakan dengan menyusui bayi secara langsung, lewat botol, atau empeng agar bayi lebih nyaman.

Di sisi lain, perubahan kadar oksigen di ketinggian dapat berisiko bagi bayi dengan kelahiran prematur, memiliki masalah jantung bawaan, kondisi paru-paru kronis, atau memiliki infeksi saluran pernapasan atas.

Untuk itu, langkah yang paling bijak adalah dengan berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter sebelum membawa si kecil naik pesawat.

Melansir KlikDokter, ada bebrapa panduan membawa bayi naik pesawat yang bisa diperhatikan oleh para orang tua sebelum merencanakan perjalanan, di antaranya:

1. Pilih jadwal penerbangan yang nyaman.

2. Sediakan kursi khusus untuk bayi.

3. Gunakan penutup telinga untuk bayi.

4. Pastikan bayi mendapatkan cairan cukup selama perjalanan.

5. Menjaga kebersihan diri dan bayi.

6. Minta bantuan awak kabin bila diperlukan.

(*)

Video Editor & Grafis: Arief Rahman


Sumber : diolah dari berbagai sumber

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x