Kompas TV internasional kompas dunia

Pertempuran Sengit di Suriah Utara saat Pasukan Kurdi Balik Menyerbu Penjara yang Dijebol ISIS

Minggu, 23 Januari 2022 | 19:29 WIB
pertempuran-sengit-di-suriah-utara-saat-pasukan-kurdi-balik-menyerbu-penjara-yang-dijebol-isis
Pertempuran sengit di Suriah Utara memasuki hari keempat ketika pasukan Kurdi menyerbu balik teroris ISIS yang menjebol penjara di kota Hasakeh, Suriah Utara (Sumber: Arab News)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

HASAKEH, KOMPAS.TV - Sedikitnya 120 orang tewas di Suriah termasuk tujuh warga sipil saat pertempuran antara pasukan Kurdi yang didukung Amerika Serikat dan anggota kelompok yang menyebut diri mereka Negara Islam (ISIS) berkecamuk di hari keempat, kata lembaga pemantau perang, Minggu (23/1/2022).

Pertempuran dimulai Kamis (20/1/2022) malam dengan serangan oleh lebih dari 100 gerilyawan ISIS di penjara Ghwayran yang dikelola warga Kurdi di kota Hasakeh, yang menampung teroris ISIS terbesar di negara itu, menandai operasi paling signifikan kelompok itu sejak "kekhalifahan" versi ISIS dihancurkan di Suriah hampir tiga tahun lalu.

Beberapa hari lalu para personel ISIS menyerbu penjara dan membebaskan rekan-rekan mereka serta merebut senjata yang disimpan di penjara, menurut Observatorium Suriah untuk Hak Asasi Manusia yang berbasis di Inggris, dalam apa yang para ahli gambarkan sebagai upaya konsolidasi ISIS yang terang-terangan.

"Setidaknya 77 anggota ISIS dan 39 pejuang Kurdi, termasuk pasukan keamanan internal, penjaga penjara dan pasukan kontra-terorisme tewas" dalam kekerasan di dalam dan di luar penjara sejak awal serangan, kata Observatorium.

Setidaknya tujuh warga sipil juga tewas dalam pertempuran itu, menurut lembaga tersebut.

Pertempuran berlanjut di hari keempat berturut-turut pada Minggu ketika pasukan yang dipimpin suku Kurdi, yang didukung oleh serangan koalisi, menyerbu balik kelompok ISIS di dalam dan di luar fasilitas penjara.

"Bentrokan sengit pecah malam Minggu (waktu Suriah)... sebagai bagian dari upaya berkelanjutan pasukan Kurdi memulihkan kendali atas penjara dan menetralisir teroris IS yang dikerahkan di daerah sekitarnya," kata Observatorium, yang bergantung pada jaringan sumber di dalam Suriah.

Baca Juga: ISIS Serbu Barak Militer Irak di Pagi Buta, Tembak Mati 11 Tentara saat Tidur

Foto yang diberikan oleh Pasukan Demokratik Suriah (SDF) pimpinan Kurdi ini menunjukkan beberapa anggota ISIS, yang ditangkap kembali oleh Pasukan SDF pimpinan Kurdi setelah mereka menyerang Penjara Gweiran, di Hassakeh, timur laut Suriah, Jumat, 21 Januari 2022. (Sumber: AP Photo/SDF Kurds)

Pemantau perang mengatakan pasukan Kurdi berhasil menangkap kembali lebih dari 100 tahanan ISIS yang kabur tetapi lebih banyak yang masih buron. Jumlah pasti mereka yang kabur masih belum jelas.

Dalam sebuah pernyataan yang dirilis di kantor berita Amaq semalam, ISIS mengeklaim mereka mengambil alih ruang penyimpanan senjata di penjara dan membebaskan ratusan rekan mereka sejak operasi dimulai dengan bom bunuh diri ganda.

Sumber : Kompas TV/Straits Times/Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
10:18
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19