Kompas TV video vod

Berbekal Karton dan Talang Air, Siswa di Madiun Buat Kerajinan Wayang

Kompas.tv - 23 Januari 2022, 16:45 WIB
Penulis : Natasha Ancely

KOMPAS.TV - Berbekal karton dan talang air, seorang siswa di Kabupaten Madiun, Jawa Timur mampu membuat kerajinan wayang bernilai ekonomis.

Kerajinan wayang buatannya dijual mulai dari Rp 50 ribu hingga Rp 400 rupiah.

Beginilah aktivitas giversa Rashel Devansyah, siswa kelas 8 SMP Negeri 2 Wungu, Madiun.  

Sepulang dari sekolah, siswa berusia 14 tahun ini selalu sibuk membuat sketsa dan karakter wayang dengan dibantu ayahnya.

Bukan dari kulit, wayang karya siswa warga Desa Sidorejo, Kecamatan Wungu ini justru terbuat dari bahan karton dan talang air.

Meski bukan terbuat dari bahan kulit, namun karyanya ini tetap terlihat begitu menakjubkan layaknya wayang dari kulit asli.

Baca Juga: Unik! Tempat Wisata di Malang Ini Bentuk Sawah jadi Karakter Pewayangan

Ide membuat wayang dari karton dan talang air ini bermula ketika giversa yang juga pengagum Dalang Ki Seno Nugroho ingin memiliki wayang kulit.

Namun karena harganya yang mahal, ia pun mengurungkan niatnyamembeli wayang kulit yang ia idamkan.

Kemudian dirinya mencoba membuat wayang sendiri dari bahan karton dan talang air. Ternyata hasilnya pun tak kalah mirip dengan wayang berbahan kulit asli, puluhan karakter wayang telah ia buat.

Diantaranya Punakawan, Bima, Wisanggeni, Duryudana, Gatot Kaca, Arjuna dan lainnya.

Dan siapa sangka, setelah ia unggah di media sosial wayang dari karton dan talang buatannya ini diminati oleh banyak orang.

Setiap karakter wayang, ia banderol mulai Rp 50 ribu hingga Rp 400 ribu, tergantung besar kecil ukuran dan tingkat kesulitan dalam pembuatan wayang.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x