Kompas TV nasional peristiwa

Megawati Ulang Tahun ke-75: Pengelola SPBU yang Terjun Politik hingga Jadi Presiden Wanita Pertama

Kompas.tv - 23 Januari 2022, 10:19 WIB
megawati-ulang-tahun-ke-75-pengelola-spbu-yang-terjun-politik-hingga-jadi-presiden-wanita-pertama
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P), Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang pada 23 Januari ini berulang tahun. (Sumber: KOMPAS/RODERICK ADRIAN MOZES)
Penulis : Nurul Fitriana | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV — Hari ini 23 Januari adalah hari ulang tahun Presiden ke-5 RI, Megawati Soekarnoputri.

Putri Presiden ke-1 RI Soekarno dan Fatmawati ini lahir pada 23 Januari 1947 dengan nama lengkap Dyah Permata Megawati Setyawati Soekarnoputri.

Kini genap berusia 75 tahun, dalam perjalanan usianya Megawati dikenal aktif dalam dunia politik. Mulai dari sebagai presiden perempuan pertama Republik Indonesia (RI) hingga Ketua Umum PDI Perjuangan (PDIP).

Megawati lahir di Kampung Ledok Ratmakan, Kota Yogyakarta. Hari kelahirannya diketahui bertepatan dengan adanya Agresi Militer Belanda. Saat Megawati lahir, Soekarno sedang diasingkan di Pulau Bangka.

Kala Indonesia telah merdeka secara penuh, sosok Megawati kemudian pindah ke Jakarta dan tumbuh besar di sana hingga kemudian melahirkan Puan Maharani yang juga mengikuti langkahnya di dunia politik.

Kehidupan Pribadi

Melansir Kompas.com, Megawati menikah pada 1 Juni 1968 dengan Lettu AURI Surindro Supjarso di kediaman Fatmawati di Jalan Sriwijaya Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Setelah menikah, Megawati tinggal jauh dari Jakarta. Mereka tinggal di kompleks Angkatan Udara, Madiun, Jawa Timur.

Dari pernikahannya itu, ia dikaruniai dua orang putra yakni Mohammad Rizki Pratama dan Mohammad Prananda.

Baca Juga: Megawati Respons Permintaan Bantuan Dorce Gamalama, Beri Sumbangan untuk Berobat

Namun suaminya kemudian meninggal akibat kecelakaan penerbangan saat pesawat yang dikemudikannya terempas ke laut di sekitar perairan Pulau Biak, Irian Jaya, tepat sehari sebelum ulang tahun Megawati ke-23.

Megawati kemudian menikah dengan diplomat Mesir yang bertugas di Jakarta, Hassan Gamal Ahmad Hasan. Namun pernikahan itu hanya bertahan tiga bulan.

Pernikahan selanjutnya adalah dengan Taufiq Kiemas, yang merupakan temannya saat menjadi aktivis Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI). Dari pernikahan inilah Puan Maharani terlahir.

Pendidikan Megawati

Megawati kecil, menghabiskan masa sekolahnya di Perguruan Cikini Jakarta selama SD- SMP, dan SMA.

Kemudian, Megawati meneruskan pendidikan di Universitas Padjajaran Bandung.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.