Kompas TV internasional kompas dunia

Peru Deklarasikan Darurat Lingkungan di Wilayah Pesisir yang Terkena Tumpahan Minyak

Minggu, 23 Januari 2022 | 06:30 WIB
peru-deklarasikan-darurat-lingkungan-di-wilayah-pesisir-yang-terkena-tumpahan-minyak
Peru hari Sabtu (22/1/2022) mengumumkan darurat lingkungan di sepanjang pantai yang dilanda tumpahan minyak akibat gelombang aneh dari letusan gunung berapi di Pasifik Selatan (Sumber: Straits Times)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Gading Persada

LIMA, KOMPAS.TV - Peru per Sabtu (22/1/2022) kemarin mengumumkan 'darurat lingkungan' di sepanjang pantai yang dilanda tumpahan minyak akibat gelombang aneh dari letusan gunung berapi di Pasifik Selatan.

Seperti dilansir Straits Times, Minggu, (23/1), keputusan Peru berlaku 90 hari, dan merencanakan pengelolaan berkelanjutan terhadap 21 pantai yang tertutup 6.000 barel minyak bumi yang tumpah dari kapal tanker saat membongkar muatan di kilang pada Sabtu kemarin.

Kecelakaan itu terjadi setelah letusan gunung berapi bawah laut yang sangat dahsyat di dekat negara Tonga, melepaskan gelombang tsunami di sekitar Pasifik hingga Amerika Serikat (AS).

Di Peru tumpahan minyak di dekat Lima telah mengotori pantai, membunuh burung dan merugikan industri perikanan dan pariwisata.

Pemerintah menuntut pembayaran ganti rugi dari raksasa energi Spanyol yang memiliki kilang tersebut.

Kementerian Lingkungan Peru juga mengatakan 174 hektar atau setara 270 lapangan sepak bola, wilayah laut, pantai, dan cagar alam terkena dampak tumpahan minyak bumi.

Petugas saat ini terus berupaya membersihkan tumpahan tersebut.

Baca Juga: Puluhan Pantai di Peru Tercemar Minyak Dampak Letusan Gunung Berapi di Tonga

Seorang pekerja membersihkan Pantai Conchitas yang terkontaminasi tumpahan minyak, di Ancon, Peru, Kamis, 20 Januari 2022. Peru hari Sabtu (22/1/2022) mengumumkan darurat lingkungan di sepanjang pantai yang dilanda tumpahan minyak akibat gelombang aneh dari letusan gunung berapi di Pasifik Selatan (Sumber: Foto AP/Martin Mejia)

Saat mendeklarasikan keadaan darurat pada hari Sabtu, kementerian lingkungan Peru mengatakantumpahan itu merupakan peristiwa tiba-tiba yang berdampak signifikan pada ekosistem laut pesisir, yang memiliki keanekaragaman hayati utama.

Dikatakan dalam jangka pendek Repsol bertanggung jawab atas operasi pembersihan darurat. Kilangnya berada di kota Ventanilla dekat Lima.

Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
14:40
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19