Kompas TV video vod

Pemilik Truk Tronton Laka di Balikpapan Diperiksa, Ia Bantah Kendaraannya Tidak Layak Jalan

Sabtu, 22 Januari 2022 | 23:34 WIB

Penulis : Shinta Milenia

BALIKPAPAN, KOMPAS.TV - Pemilik truk tronton yang menabrak puluhan kendaraan di Simpang Muara Rapa, Balikpapan telah dimintai keterangan.

Kepada polisi, ia mengaku truk yang telah dimilikinya selama 2 tahun ini masih melakukan perawatan rutin, serta uji kelaikan kendaraan.

Pemilik truk tronton telah dimintai keterangan secara maraton selama 6 jam.

Menurut pemilik truk, sebelum kecelakaan maut ia telah mengganti oli pada 26 Desember tahun lalu dan service rem terakhir pada 3 Januari lalu.

Bahkan sebelum armadanya digunakan, sistem pengereman berfungsi dengan baik.

Kir untuk truk pun diakuinya masih aktif dan dilakukan uji kelaikan jalan sesuai prosedur.

Pemilik truk menyebut berdasarkan pengakuan sang sopir, kendaraan hilang kendali akibat sopir gagal melakukan transisi dari gigi tiga ke gigi dua, saat di turunan Simpang Muara Rapak.

Baca Juga: Pemeriksaan Penyebab Kecelakaan Maut Balikpapan Akan Libatkan Tim KNKT

 

Sementara itu, guna mengungkap penyebab kecelakaan maut di Simpang Muara Rapak Balikpapan, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) mulai melakukan investigasi pada Sabtu (22/1/2022) pagi.

Sejumlah bagian truk diperiksa, mulai dari sistem pengereman manual, sistem kemudi, sistem transmisi, hingga dimensi kendaraan.

Hasil pemeriksaan KNKT ini selanjutnya akan dicocokkan dengan keterangan dari saksi ataupun tersangka.

Hasil temuan KNKT akan dilaporkan kepada Dirjen Perhubungan Darat untuk ditindak lanjuti.

Hingga kini, polisi menetapkan sopir truk yang mengakibatkan kecelakaan beruntun di Balikpapan, Kalimantan Timur sebagai tersangka tunggal.

Meski begitu, pemeriksaan terhadap saksi lain dan pihak perusahaan armada truk terus dilakukan.

Kapolda Kaltim berjanji akan melakukan pengkajian lalu lintas di Simpang Rapak agar kecelakaan serupa tidak terjadi kembali.

Bahkan kepolisian akan melakukan pengecekan di seluruh perusahaan jasa pengangkutan truk, terkait kelayakan dan izin kendaraan.

Baca Juga: Jenazah Korban Truk Maut Dimakamkan di Cilegon, Polisi Bantu Keluarga Proses Klaim Asuransi

Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
15:56
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19