Kompas TV internasional kompas dunia

Senjata Tempur Bantuan AS Mulai Tiba di Ukraina di tengah Panasnya Situasi dengan Rusia

Sabtu, 22 Januari 2022 | 23:48 WIB
senjata-tempur-bantuan-as-mulai-tiba-di-ukraina-di-tengah-panasnya-situasi-dengan-rusia
Kedubes Amerika Serikat di Ukraina dalam twitnya hari Sabtu, 22 Januari 2022 mengatakan senjata-senjata itu mencakup hampir 200.000 pon senjata tempur mematikan, termasuk amunisi, untuk tentara garis depan Ukraina. (Sumber: US Embassy Ukraine)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

KIEV, KOMPAS.TV - Senjata-senjata tempur bantuan Amerika Serikat mulai berdatangan ke Ukraina, untuk mempertahankan diri dari kemungkinan invasi Rusia, menurut Kedutaan Besar Amerika di Kiev seperti dilansir Straits Times, Sabtu (22/1/2022).

Kedubes Amerika Serikat di Ukraina dalam twitnya mengatakan, senjata-senjata itu "mencakup hampir 200.000 pon atau sekitar 90 ribu kilogram senjata tempur mematikan, termasuk amunisi, untuk tentara garis depan Ukraina".

"Pengiriman senjata itu, totalnya senilai US$2,7 miliar sejak 2014, menunjukkan komitmen Amerika Serikat untuk membantu Ukraina meningkatkan pertahanannya dalam menghadapi agresi Rusia yang meningkat," kata kedutaan dalam tweet lain.

Foto dalam twit Kedubes Amerika Serikat untuk Ukraina itu menunjukkan kontainer hijau besar sedang diturunkan di bandara.

Kedutaan Amerika Serikat tidak merinci, atau menunjukkan apa lagi yang disertakan, tetapi mengatakan itu adalah pengiriman pertama "bantuan yang baru-baru ini diarahkan oleh" Presiden Joe Biden.

Pengumuman itu dibuat pada akhir minggu yang penuh kecemasan di mana serangan terhadap Ukraina oleh Rusia dilaporkan Barat makin dekat dengan kenyataan.

Baca Juga: Tolak Kirim Senjata, Jerman Beri Bantuan Rumah Sakit Lapangan ke Ukraina

Sebuah pertemuan di Jenewa yang dipimpin oleh Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Luar Negeri Rusia Sergey Lavrov tidak menghasilkan kesepakatan, meskipun kedua belah pihak sepakat untuk melanjutkan pembicaraan.

"Jika Rusia ingin mulai meyakinkan dunia bahwa mereka tidak memiliki niat agresif terhadap Ukraina, tempat yang sangat baik untuk memulai adalah dengan mengurangi ketegangan," kata Blinken pada hari Jumat di akhir perjalanan tiga hari ke Eropa.

Rusia menggelar tentara dan senjata berat di perbatasannya dengan Ukraina dan mengirim pasukan ke Belarus, sebelah utara Ukraina, untuk latihan militer bersama yang dijadwalkan akan dimulai pada 10 Februari.

Sumber : Straits Times


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
11:52
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19