Kompas TV internasional kompas dunia

Arab Saudi Sebut Penjara Sasaran Serangan Udara di Yaman Tidak Berstatus Dilindungi dalam Perang

Sabtu, 22 Januari 2022 | 22:47 WIB
arab-saudi-sebut-penjara-sasaran-serangan-udara-di-yaman-tidak-berstatus-dilindungi-dalam-perang
Tangkapan layar video evakuasi korban serangan udara koalisi Arab Saudi di penjara Al-Dhakira, Saada, Yaman, Jumat (21/1/2022). Koalisi Arab Saudi mengatakan penjara Yaman yang terkena serangan udara belum dilaporkan ke PBB dan ICRC sebagai situs yang dilindungi, atau terlarang jadi sasaran dalam peperangan, seperti dilansir Associated Press, Sabtu, (22/1/2022). (Sumber: Associated Press)

Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

DUBAI, KOMPAS.TV — Penjara Yaman yang terkena serangan udara belum dilaporkan ke PBB dan Palang Merah sebagai situs yang dilindungi, atau terlarang menjadi sasaran dalam peperangan. Hal ini dikatakan oleh koalisi pimpinan Arab Saudi, seperti dilansir Associated Press, Sabtu (22/1/2022).

Serangan udara koalisi pimpinan Saudi sebelumnya menghantam sebuah penjara yang dijalankan oleh pemberontak Houthi Yaman pada hari Jumat, menewaskan sedikitnya 82 tahanan dan melukai puluhan lainnya, kata seorang menteri Houthi. Serangan itu merupakan bagian dari serangan udara yang menghempaskan negara termiskin di dunia Arab itu dari internet.

Kampanye intens terjadi setelah Houthi yang didukung Iran, mengeklaim serangan pesawat tak berawak dan rudal yang menyerang ibukota Uni Emirat Arab awal pekan ini. Serangan itu meningkatkan eskalasi dalam konflik di Yaman di mana koalisi pimpinan Saudi, dengan UEA sebagai anggota, memerangi pemberontak Yaman sejak 2015.

Taha al-Motawakel, menteri kesehatan di pemerintahan Houthi yang mengendalikan Yaman utara, mengatakan kepada The Associated Press bahwa 82 tahanan tewas di penjara dan dia memperkirakan jumlahnya akan meningkat karena banyak lainnya terluka parah.

“Dunia tidak bisa diam ketika menghadapi kejahatan ini,” kata al-Motawakel dan meminta organisasi bantuan internasional untuk mengirim staf medis dan bantuan. Dia mengatakan pekerja medis di Yaman telah kelelahan oleh masuknya korban luka akibat serangan, setelah beroperasi dengan sumber daya yang langka selama pandemi.

Koalisi Tuding Penjara Tak Dilaporkan ke PBB dan ICRC sebagai Situs Terlarang

Sabtu pagi, juru bicara koalisi Arab Saudi Brigadir Jenderal Turki al-Malki menuduh kelompok pemberontak Houthi tidak melaporkan penjara tersebut sebagai situs yang dilindungi ke PBB dan Komite Internasional Palang Merah ICRC agar terlarang jadi sasaran serangan militer.

Turki al-Malki mengeklaim, kegagalan Houthi melakukan itu mewakili “pendekatan yang menipu” kelompok Houthi dalam konflik tersebut.

Klaim Al-Malki belum bisa langsung diperiksa silang ke badan internasional.

Baca Juga: Pemberontak Houthi Klaim 70 Tahanan Tewas Akibat Serangan Udara Koalisi Saudi Terhadap Penjara

Grafis peta serangan udara koalisi Arab Saudi ke Yaman pada Jumat (21/1/2022). Koalisi Arab Saudi mengatakan penjara Yaman yang terkena serangan udara belum dilaporkan ke PBB dan ICRC sebagai situs yang dilindungi, atau terlarang jadi sasaran dalam peperangan, seperti dilansir Associated Press, Sabtu, (22/1/2022). (Sumber: Phil Holm/Associated Press)

Serangan udara Saudi lainnya pada hari Jumat di kota pelabuhan Hodeida, kemudian dikonfirmasi oleh foto-foto satelit yang dianalisis oleh AP, menghantam pusat telekomunikasi yang merupakan kunci Yaman ke internet. Serangan udara juga melanda di dekat ibu kota, Sanaa, yang dikuasai Houthi sejak akhir 2014.

Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA


Close Ads x
NEWSTICKER
00:46
LINTASAN BALAP MOBIL TERTUA DI JERMAN, SIRKUIT F1 NURBURGRING, JADI PUSAT LOGISTIK BANTUAN BANJIR   MANTAN ANGGOTA DPRD KERINCI, JAMBI, YUSUF SAGORO, DITANGKAP SETELAH 13 TAHUN JADI BURONAN KASUS KORUPSI   SEBANYAK 23,8 TON IKAN NILA DI KERAMBA JARING APUNG DANAU BATUR, BANGLI, BALI, MATI AKIBAT KERACUNAN BELERANG   TAMAN NASIONAL ALAS PURWO DI BANYUWANGI, JATIM, PERPANJANG MASA PENUTUPANNYA HINGGA 25 JULI 2021   PENUTUPAN 8 RUAS JALAN UTAMA DI SOLO DIPERPANJANG HINGGA 25 JULI 2021 SEIRING PENERAPAN PPKM   PEMKAB PURBALINGGA UBAH RSUD GOETENG TAROENADIBRATA JADI RS KHUSUS COVID-19, DAYA TAMPUNG MENCAPAI 232 PASIEN   MENKO MARVES LUHUT BINSAR PANDJAITAN OPTIMISTIS KEKEBALAN KELOMPOK BISA TERCAPAI PADA AKHIR TAHUN INI   PEMKOT BEKASI TUNGGAK INSENTIF TENAGA KESEHATAN DI DINKES YANG TANGANI COVID-19 PERIODE JANUARI-MEI 2021   SEBANYAK 22 KG ORGAN HEWAN KURBAN TAK LAYAK KONSUMSI DI JAKARTA PUSAT DIMUSNAHKAN PETUGAS   KREMATORIUM UNTUK JENAZAH COVID-19 DI TPU TEGAL ALUR, JAKBAR, DITARGETKAN BISA DIGUNAKAN PADA JUMAT, 23 JULI 2021   SEKJEN DPR INDRA ISKANDAR SEBUT 511 ORANG DI DPR POSITIF TERINFEKSI COVID-19, 346 DI ANTARNYA TELAH NEGATIF   RANGKAP JABATAN SEBAGAI KOMISARIS DI SALAH SATU PERUSAHAAN BUMN, REKTOR UI ARI KUNCORO PUNYA HARTA KEKAYAAN RP 52,4 M   TEMUKAN MALAADMINISTRASI PROSES TWK, OMBUDSMAN RI: KPK HARUS KOREKSI PROSES ALIH STATUS PEGAWAI KPK   KAPOLRI JENDERAL LISTYO SIGIT PRABOWO MINTA JAJARANNYA BANTU PERCEPAT PENYALURAN BANSOS SELAMA PANDEMI COVID-19