Kompas TV video sinau

Cara Merawat Aki Kendaraan Supaya Lebih Awet

Kompas.tv - 22 Januari 2022, 16:09 WIB
Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV- Aki  merupakan salah satu perangkat  yang ada di kendaraan , alat ini mengandung arus listrik yang digunakan untuk menyalakan mesin baik itu motor, mobil maupun kendaraan lainnya.

Selain itu juga untuk membantu mengalirkan listrik supaya lampu, klakson, juga perangkat kelistrikan lainnya dapat menyala.

Jika aki rusak kendaraan akan sulit dinyalakan, hal ini akan jadi menjengkelkan jika kita hendak menggunakan mobil atau motor dengan segera.

Maka kita harus rutin mengecek aki di kendaraan yang kita miliki, biasanya cuaca sangat berpengaruh pada usia aki, rata-rata aki  memiliki masa pemakaian sekitar dua sampai lima tahun.

Sebagai contoh aki pada mobil, cuaca panas membuat cairan aki mobil menguap hingga merusak struktur internal aki, karena mesin yang beroperasi di bawah kap menghasilkan panas yang tinggi.

Inilah alasan kenapa masa aki mobil lebih pendek di tempat yang beriklim hangat. Kendaraan yang mesinnya jarang menyala juga akan membuat aki cepat rusak.

Ini membuat komponen kehilangan muatan listrik, maka baiknya rutin untuk memanaskan mesin kendaraan minimal dua hari sekali agar tetap berfungsi normal. Selain itu jangan lupa untuk mematikan lampu sebelum meninggalkan kendaraan.

Perhatikan juga aksesoris yang digunakan, misalnya pada sepeda motor yang memakai lampu dan klakson yang tidak standar. Jika kelistrikan sudah terganggu baiknya mengurangi aksesoris yang digunakan.

Baca Juga: Kreatif! Warga Nias Sulap Mesin Motor Bekas Jadi Jet Ski

https://www.kompas.tv/article/239162/kreatif-warga-nias-sulap-mesin-motor-bekas-jadi-jet-ski 

Editor Video & Grafis: Joshua Victor



Sumber : diolah dari berbagai sumber

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.