Kompas TV religi beranda islami

Bacaan Doa Nabi Muhammad agar Keinginan Mudah Dikabulkan

Kompas.tv - 22 Januari 2022, 14:35 WIB
bacaan-doa-nabi-muhammad-agar-keinginan-mudah-dikabulkan
Ilustrasi doa. Bacalah doa Nabi Muhammmad ini agar keinginan kita dikabulkan (Sumber: freepik)
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ada sebuah doa dalam Al Quran yang bisa kita amalkan agar keinginan kita mudah dikabulkan oleh-Nya. Doa ini merupakan doa Nabi Muhammad.

Doa Nabi Muhammad ini termaktub dalam Al Quran surat Ali Imran ayat 27 dan berisikan pujian terhadap Allah SWT sebagai pemilik segala sesuatu.

Ali Imran adalah salah surat ketiga dalam Alquran dan termasuk golongan surat Madaniyah, atau diturunkan masa periode Nabi Muhammad berada di Madinah. Ali Imran sendiri bermakna Keluarga Imran.

Salah satu keutamaan (fadhilah) membaca doa Nabi Muhammad ini adalah mempermudah keinginan kita atau merupakan doa yang ijabah.

Lewat perantara (Wasilah) doa Nabi Muhammad ini, semoga doa-doa dan harapan kita dikabulkan oleh-Nya. Sebab, doa adalah hak pregratif Allah dan cuma Allah yang bisa mengabulkannya. 

Tugas manusia adalah ikhtiar. Salah satunya lewat Doa Nabi Muhammad ini yang ada dalam Al Quran.

“Redaksi doa ini, menurut Imam  Ath-Thabarani, menggunakan asma’ Allah yang agung. Jika digunakan untuk bermunajat maka keinginan orang yang berdoa akan terkabul, sumbernya Tafsir Ibnu Katsir, II: 30,” papar Ustaz Moh. Fatchurrozi, Founder Alquran Khairu Jalis di situs resmi NU.

Selain itu, umat Islam sudah seharusnya memperbanyak doa. Apalagi doa Nabi Muhammad sebagai perantara terhadap doa-doa baik yang kita panjatkan.

Sabda Nabi: “Doa itu adalah otaknya ibadah." (HR Abu Dawud dan At-Tirmidzi).

Baca Juga: Doa Nabi Muhammad di Hari Jumat agar Dosa selama 80 Tahun Diampuni

Doa Nabi Muhammad agar Mudah Dikabulkan

Ini merupakan doa Nabi Muhammad, doa Nabi Muhammad ini termaktub dalam Alquran agar doa kita mudah dikabulkan oleh Allah (Sumber: Kompas.tv/Dedik Priyanto)

Teks Latin: Allahumma Malikalmulki tu’tilmulka man tasyaau wa tanzi’ul mulka mimman tasyaa’u wa tudzillu wa man tasyaa’u biyadikalkhoir. Innaka ‘ala kulli syaiin qodiir. Tuulijulllaila finnahaaari wa tuulizunaharaara fillaili wa tukhrijul hayya minal mayyiti watukhrijul mayyita minalhayyi waturzuqu man tasyaau bigoiri hisaabi

Artinya: “Wahai Allah, Pemilik kekuasaan, Engkau berikan kekuasaan kepada siapa pun yang Engkau kehendaki dan Engkau cabut kekuasaan dari siapa yang Engkau kehendaki. Engkau muliakan siapa yang Engkau kehendaki dan Engkau hinakan siapa yang Engkau kehendaki. Di tangan-Mulah segala kebajikan.

Sesungguhnya Engkau Mahakuasa atas segala sesuatu. Engkau masukkan malam ke dalam siang dan Engkau masukkan siang ke dalam malam. Engkau keluarkan yang hidup dari yang mati dan Engkau keluarkan yang mati dari yang hidup. Engkau berikan rezeki kepada siapa yang Engkau kehendaki tanpa perhitungan.” (Ali Imran:27).

Semoga Allah senantiasa merangkul doa-doa kita. Amin.

Wallahu a'lam.  



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x